Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan dan tiga Wakil Ketua MPR, E.E Mangindaan, Hidayat Nur Wahid dan Oesma Sapta, memandu pengucapan sumpah dan janji 13 anggota MPR Penganti Antar Waktu (PAW).

"Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara yang kita temui sekarang ini terlihat betapa upaya-upaya penguatan-penguatan demokrasi saat ini semakin berkualitas seiring dengan peran serta aktif masyarakat," kata Zulkifli dalam sambutannya seperti dilansir siaran pers MPR, Jakarta, Selasa.

"Hal ini dapat dimaknai pula semakin besarnya peran aktif masyarakat dalam penentuan kebijakan pemerintahan negara yang mengatur kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," sambungnya.

Namun, lanjut Zulkifli, tentu saja ada konsekuensi yang mesti dihadapi bangsa ini, yakni munculnya beragam tantangan yang sampai saat ini ada dan belum dapat diselesaikan.

"Semua itu adalah merupakan pekerjaan rumah kita bersama. Kita mesti menyadari bahwa tantangan-tantangan bangsa yang multidimensi tersebut tentu saja menjadi kendala dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik," ucapnya.

13 anggota MPR PAW yang dilantik adalah Venny Devianti dari Partai Golkar, Noor Achmad dari Partai Golkar, Hendri Zainuddin dari Kelompok DPD RI,  Mohammad Nabil dari Kelompok DPD RI, Muhammad Rakhman dari Kelompok DPD, H.M Sofwat Hadi dari Kelompok DPD.

Selain itu, Muhammad Idris dari Kelompok DPD, Ahmad Hendry dari Kelompok DPD, Stefanus B.A.N Liow dari Kelompok DPD, Marhany V.P.Pua dari Kelompok DPD, Shaleh Muhammad Aldjufri dari Keompok DPD, Wa Ode Hamsinah Bolu dari Kelompok DPD,  Rahmat Nasution Hamka dari PDI Perjuangan.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015