Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja baik dari segi pengaturan lembaga serta pengelolaan zakat.

Hal ini disampaikan Lukman usai menghadiri kegiatan Zakat Awards 2015, pemberian penghargaan bagi Baznas provinsi dan kabupaten/kota berprestasi di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat, Kamis malam.

"Badan zakat adalah institusi publik yang membawa tanggung jawab sosial, khususnya untuk umat muslim," ujar Menag.

Ia juga meminta Baznas pusat dan daerah meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan tugas. Sebab, peran Baznas cukup strategis yaitu membantu pemerintah dalam melayani masyarakat miskin yang hidup hingga di wilayah-wilayah terpencil di indonesia.

Untuk itu, ia mengimbau para kepala daerah agar terus membantu Baznas di wilayahnya, melalui anggaran operasional di APBD sesuai dengan amanat undang-undang.

"Saya berterima kasih kepada kepala daerah yang telah membantu dalam pengumpulan zakat. Dan saya juga mengapresiasi angka pengumpulkan zakat nasional mengalami kenaikan pertahunnya," kata Lukman.

Pemerintah sendiri, lanjut Menag, telah mencanangkan zakat sebagai wadah untuk mengokohkan integritas dan menyuburkan etos kerja yang saat ini semakin tergerus.

Terkait Zakat Awards 2015, kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan. Lukman pun berharap agar acara ini terus dikembangkan agar upaya berkompetisi antarBaznas untuk menjadi lebih baik akan terus meningkat.

Menurut Direktur Pemberian Zakat Kementerian Agama Jaja Jaelani, ada dua kategori yang dinilai untuk Zakat Awards 2015, yaitu pertama, manajeman kelembagaan dan kedua, pengelolaan zakat.

Tingkat provinsi, tiga juara berturut-turut kategori pertama adalah Baitul Mal Provinsi Aceh, Baznas Sumatera Barat dan Baznas Jawa Timur.

Kategori kedua, ketiga terbaik berurutan adalah Baznas Banten, Baznas Nusa Tenggara Barat dan Baznas Kalimantan Timur.

Tingkat kabupaten/kota, tiga juara berturut-turut kategori pertama yaitu Baznas Kabupaten Sumedang, Baznas Kabupaten Kutai Timur dan Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Kategori kedua, ketiga terbaik berurutan adalah Baznas Kabupaten Sragen, Baznas Kabupaten Lombok Timur dan Baznas Kabupaten Bukit Tinggi.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015