Makassar (ANTARA News)- Pelaksanaan kejuaraan "Asian Muay Thai Championships" yang rencananya digelar di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, 1--6 Desember 2015 diputuskan ditunda hingga Maret 2016.

Ketua Harian Muay Thai Indonesia (MI) Sulsel, Nurahmi di Makassar, Senin, mengatakan penundaan ini juga sudah disampaikan PBMI ke seluruh peserta yang rencana hadir sejak beberapa waktu lalu.

"PBMI sudah menyampaikan penundaan kejuaraannya ke para negara peserta. Berdasarkan informasi pusat maka agenda ini kembali direncanakan pada Maret tahun depan," katanya.

Mengenai alasan penundaan, dirinya mengaku karena beberapa hal termasuk ketidaksiapan beberapa negara untuk berpartisipasi sesuai jadwal. Sejumlah negara khususnya dari ASEAN juga memiliki beberapa agenda yang jadwalnya hampir bersamaan.

Sementara untuk kesiapan Kota Makassar, dirinya mengaku tidak ada persoalan. Ketersediaan sarana dan prasarana yang lebih lengkap juga dinilai cukup mendukung untuk bisa menjadi tuan rumah.

"Kami dari Makassar tidak ada persoalan untuk menggelarnya sesuai jadwal. Hanya saja memang karena ada beberapa hal sehingga jadwal kejuaraannya diputuskan diundur pada Maret mendatang," ujarnya.

Khusus pelaksanaan nanti, kata dia, berdasarkan informasi dari PBMI maka rencananya kejuaraannya hanya untuk negara di Asia Tenggara (ASEAN). Namun kemungkinan bisa diikuti negara Asia lainnya dinilai masih belum tertutup karena tergantung perkembangan kedepan.

"Kemungkinan untuk tetap melibatkan peserta dari seluruh Asia masih terbuka karena kita masih sedang godok. Intinya pelaksanaan kejuaraan asia di Makassar resmi ditunda hingga Maret 2016," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 15 negara direncanakan memeriahkan kejuaraan Asian Muay Thai Championships di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, 1--6 Desember 2015 di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, Iran serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Terkait penunjukan Makassar sebagai tuan rumah memang sudah diputuskan PBMI beberapa waktu lalu. Kejuaraan internasional itu juga sudah masuk dalam kalender PBMI.

Pengurus yang sebelumnya menjadi pelatih Muay Thai Sulsel itu menjelaskan, penunjukan Makassar sebagai penyelenggara karena memiliki sarana dan prasarana yang mendukung. Pengprov MI Sulsel juga memiliki pengalaman menjadi penyelenggara kejuaraan nasional Liga Nasional Muay Thai (LNM) seri pertama pada Desember 2014.

Penunjukan Makassar sebagai lokasi pelaksanaan juga diharapkan memberikan efek positif bagi pembinaan dan prestasi atlet Sulsel kedepan.

"Penunjukan Makassar sudah menjadi keputusan PBMI. Kami tentu bersyukur mendapatkan kepercayaan menggelar kejuaraan tingkat internasional," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015