Karimun (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mulai membersihkan alat peraga kampanye peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Jumat, lima hari menjelang pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember.

"Pembersihan alat peraga kampanye dimulai hari ini bersama Panwaslu dibantu kepolisian dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja)," kata Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton di Tanjung Balai Karimun.

Ahmad Sulton mengatakan pembersihan dan penertiban alat peraga kampanye dilakukan hari ini sesuai kesepakatan dengan pasangan calon dan mengacu pada peraturan KPU.

"Alat peraga kampanye harus bersih pada masa tenang. Tidak ada lagi baliho, poster atau spanduk kampanye yang ditemui pada hari pemungutan suara," ucapnya.

Ketua Divisi Hukum dan Kampanye KPU Karimun Fahrur Razi menambahkan alat peraga kampanye yang dibersihkan atau dibongkar adalah peraga kampanye yang dipasang KPU Karimun di sejumah lokasi sesuai kesepakatan bersama dengan peserta pemilihan.

Sedangkan alat peraga kampanye yang dipasang oleh tim sukses peserta di posko-posko pemenangan, menurut dia, akan dibersihkan oleh tim kampanye calon kepala daerah mulai hari ini sampai Sabtu (5/12).

"Termasuk juga peraga kampanye di sekretariat tim atau relawan, harus sudah bersih, dan sekretariat itu harus ditutup pada masa tenang," katanya.

Ia mengatakan alat peraga kampanye sudah harus bersih pada 6 Desember 2015 karena sudah memasuki masa tenang.

"Kami punya waktu dua hari untuk membersihkan alat peraga kampanye yang resmi dari kami," ucapnya.

Mengenai kampanye akbar calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim pada 5 Desember, sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, ia mengatakan tidak jadi dilaksanakan karena sudah ada kesepakatan dengan ketiga pasangan calon bahwa alat peraga kampanye sudah mulai dibersihkan hari ini.

"Kami dapat informasi pasangan nomor urut 1 tidak menggelar kampanye akbar, sama seperti dua pasangan calon lain. Selain itu, ketiga pasangan calon sudah sepakat dalam pertemuan dengan KPU, bahwa alat peraga kampanye sudah mulai dibersihkan hari ini," kata dia.

Pilkada Kabupaten Karimun diikuti oleh pasangan Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim, Agusriono dan Ahmad Darwis serta Raja Usman Azis dan Zulkhainen.

Sedangkan Pilkada Provinsi Kepulauan Riau diikuti oleh pasangan Muhammad Sani dan Nurdin Basirun serta Soerya Respationo dan Ansar Ahmad.

Pewarta: Rusdianto Syafruddin
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015