Madrid (ANTARA News) - Balai Kota Madrid mendenda 8.000 pengemudi yang parkir di pusat kota selama tiga hari pemberlakuan pelarangan parkir akibat tingginya tingkat polusi udara di ibu kota Spanyol.

Dengan tingkat partikel nitrogen dioksida di atmosfer mencapai 220 mikrogram per meter kubik selama tiga hari berturut-turut, Pemerintah Lokal menetapkan pemberlakuan tingkat kedua protokol anti-kontaminasi pada Kamis (3/12), dan mempertahankannya sampai Sabtu siang, ketika tingkat partikel mulai turun.

Protokol yang baru pertama diberlakukan itu melarang semua pengemudi, kecuali mereka yang tinggal dalam batas lingkar jalan M-30, memarkir kendaraan di pusat kota.

Namun sebanyak 8.000 pengemudi, 1.646 di antara mereka pada Sabtu, mengabaikan protokol itu dan memarkir kendaraan mereka di tempat parkir kendaraan tidak diperkenankan.

Pemerintah lokal juga mengenakan denda kepada 677 pengemudi karena mengemudi melebihi batas maksimal kecepatan 70 kilometer per jam yang diberlakukan di M-30 dan mendekati jalan menuju Madrid sesuai tingkat pertama protokol anti-kontaminasi.

Tingginya tingkat pencemaran sebagian disebabkan oleh tingginya tingkat tekanan terhadap pusat Spanyol, yang berarti Madrid belum menerima curah hujan dan juga tak ada angin selama beberapa hari, sehingga memungkinkan partikel bertumpuk di atmosfer.

Pemerintah Regional Madrid telah menjadwalkan pertemuan pada 14 Desember dengan tujuan untuk mengajukan protokol baru untuk sementara ketika tingkat nitron dioksida naik, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015