Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 16 sekolah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional tahun 2015 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Sekolah yang dapat adiwiyata nasional tahun ini terdiri satu SMA, tiga SMP dan selebihnya adalah SD," kata kepala Badan Lingkungan Hidup Kendari, Rusnani, di Kendari, Minggu.

Disebutkan, sekolah yang dapat penghargaan adiwiyata nasional adalah SMA 3 Kendari, SMP 5 Kendari, SMP Frater Kendari, SMP 10 Kendari.

Kemudian SD 20 Mandonga, SD 10 Mandonga, SD 1 Mandonga, SD 7 Kendari Barat, SD 18 Baruga, SD 17 Baruga, SD 13 baruga, SD 12 Baruga, SD 10 Baruga SD Alkalam, SD 9 Poasia, SD 1 Poasia.

Menurut dia, penghargaan itu sebagai hasil dari salah satu upaya pemerintah memberikan pengetahuan secara langsung pada siswa untuk paham terhadap kebersihan dan penghijauan.

"Terimasih atas dukungan semua pihak atas penghargaan ini sekaligus kita bisa membumikan adiwiyata di Kendari," katanya.

Ia mengatakan, tidak hanya piala yang terpenting, tetapi merubah perilaku dan menanamkan sejak dini tentang kebersihan dan penghijaun serta peduli pada lingkungan kepada siswa.

"Penghargaan itu akan diterima semua kepala sekolah bersangkutan Senin besok di Jakarta," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015