Sorong (ANTARA News) - Harga tomat di sejumlah pasar tradisional di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan sekitar sebesar Rp10.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.

Pantauan di Pasar Remu Kota Sorong, Selasa, tomat yang dijual pedagang harganya mencapai Rp35.000 per kilogram, melonjak dari sebelumnya sekitar Rp25.000/kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Remu Kota Sorong, Surdari Anantha (45), mengaku menjual tomat seharga Rp35.000 per kilogram.

Menurut Surdari, pedagang besar menaikkan harga tomat Rp10.000 per kilogram karena harga di tingkat petani maupun agen juga naik.

Kenaikan harga tomat, kata Surdari, disebabkan pasokan dari petani menurun sementara permintaan oleh konsumen di kota itu meningkat.

Dia menjelaskan, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Tradisional Kota Sorong juga mengalami kenaikan, hanya harga daging ayam potong masih stabil Rp30.000 per kilogram belum ada kenaikan.

Menurut dia, pada H-3 menjelang perayaan Natal harga daging dan bahan pokok di Kota Sorong diperkirakan mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Naik dan turunnya harga bahan pokok tidak dihiraukan oleh masyarakat di sini karena pada umumnya harga barang di Papua sangat mahal dan tidak stabil seperti di daerah lain di Indonesia," tambah dia.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015