Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan secara merata pada Sabtu ini.

Melalui laman resminya, BMKG di Jakarta, Sabtu, mencatat bahwa seluruh wilayah Jabodetabek pada siang hingga malam hari akan mengalami hujan dengan intensitas bervariasi.

Wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, dan Bogor kemungkinan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang pada siang hari, sedangkan wilayah lainnya mengalami hujan ringan.

Hujan merata yang diprakirakan mengguyur Jabodetabek pada Sabtu siang tersebut kemungkinan masih berlanjut pada malam harinya.

Wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Kepulauan Seribu, Bekasi, dan Bogor, diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang selepas sore.

Sedangkan, wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang kemungkinan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan di malam hari.

Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, sempat mengumumkan bahwa sekira 97,4 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Untuk wilayah Jakarta, BMKG menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat pada Februari berdasarkan perkembangan kondisi dinamika atmosfer yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Aliran massa udara dingin dari Asia (Asian cold surge) dan fase basah Madden Julian Oscillation (MJO) masing-masing kembali berkolaborasi dan kemungkinan akan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem.

Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016