Jakarta (ANTARA News) - Menurut Senior Director and Country Manager VMware Indonesia, Adi Rusli, era digital komputasi saat ini mendorong perusahaan untuk bertransformasi ke ekonomi digital.

Era digital komputasi tersebut menciptakan "mega trend", dimana di dalamnya terdapat mobility dan cloud, yang memberikan pengaruh signifikan terhadap konsumen dalam mengambil keputusan.

"Mobility, cloud membuat impact signifikan terhadap konsumen. Pengaruhnya bisa dirasakan dalam mengambil keputusan," kata dia di Jakarta, Selasa.

Saat ini, menurut Adi, sejumlah perusahaan telah melakukan transformasi digital. Pasalnya, pengadopsian teknologi transformasi digital memberikan sesuatu yang baru bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnis.

"Banyak perusahaan yang bisnis utamanya bukan digital, seperti GE, mengakuisisi perusahaan teknologi. Bahkan, GM yang sebelumnya hanya memiliki 100 profesional IT menjadi 1000, untuk mengintegrasikan informasi digital ke produk," kata Adi.

"Perusahaan tradisional tidak melakukan itu, jaminan sukses belum tentu terjadi," sambung dia.

Untuk melakukan transformasi digital, Adi mengatakan sebuah perusahaan harus berpikir, memiliki, bahkan mengadopsi karakteristik seperti perusahaan perangkat lunak.

Katerakteristik perusahaan perangkat lunak yang dimaksud Adi antara lain menjadikan update bagian dari bisnis, dan melakukan otomatisasi dan layanan sendiri yang justru lebih efektif.

Tidak hanya itu, Adi mengatakan perusahaan software lebih cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi, mereka juga membangun lingkungan yang dapat diperluas dalam hal kapasitas (web scale) jika terjadi perubahan.

Untuk dapat memiliki kemampuan web scale, menurut Adi perusahaan harus bisa menciptakan pengalaman luar biasa, bukan hanya terhadap para pelanggan, tetapi juga yang bisa dirasakan dan dilihat oleh karyawan, dan stakeholder.

Tidak hanya itu, perusahaan harus memanfaatkan informasi yang sudah ada. "Sehingga dapat membedakan mereka dengan pesaing. Menggali data serta korelasi data bisa menjadi masukan mengambil keputusan bisnis ataupun menciptakan aplikasi baru untuk menghadirkan pengalaman luar biasa," ujar Adi.

Selain itu, perusahaan harus menyiapkan investasi untuk mengadopsi teknologi terbaru, misalnya cloud. Pengadopsian teknologi tersebut, menurut Adi, juga harus diikuti dengan keamanan.

"Apa pun yang dilakukan dari sisi transformasi harus memperhatikan aspek keamanan dimana kepercayaan para pelanggan tidak bisa dikesampingkan," pungkas Adi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016