Jakarta (ANTARA News) - PT Bank BNI Syariah selama tahun 2015 menerima limpahan dana haji dari PT Bank Negara Indonesia Persero Terbuka (BNI) sebesar Rp106 miliar.

Direktur Utama BNI Syariah Imam Teguh Saptono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu menyebutkan jumlah itu terdiri dari 19.738 "number of account (NOA)".

Untuk mempercepat migrasi tersebut BNI Syariah memberikan hadiah paket umrah kepada nasabah yang telah bermigrasi ke BNI Syariah.

Pada Jumat (4/3), BNI Syariah memberikan hadiah kepada empat pemenang yang akan mendapatkan paket umrah bersama Travel Tazkia. Penarikan pemenang dilakukan oleh Dirut BNI Syariah Imam Teguh Saptono dan Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis BNI Syariah Dhias Widhiyati.

"Dengan adanya program ini diharapkan dapat mempercepat migrasi calon jamaah haji dari BNI ke BNI Syariah sehingga dapat membantu merealisasikan kebijakan pemerintah mengenai pemindahan tabungan calon jamaah haji," kata Imam.

Ia menyebutkan hadiah umrah diberikan kepada calon jamaah haji untuk mengisi masa tunggu haji yang relatif lama hingga lebih dari 10 tahun dan diharapkan para calon jamaah haji dapat lebih matang mempersiapkan keberangkatan haji nantinya.

Program pemberian hadiah paket umrah dilaksanakan sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pemerintah pada tahun 2015 mengenai pengelolaan dana haji yang harus dilakukan oleh perbankan syariah, sehingga nasabah tabungan haji BNI harus berpindah ke BNI Syariah.

Selain itu, tujuan program tersebut sebagai apresiasi kepada nasabah yang sudah bersedia berhijrah menggunakan tabungan BNI Baitullah iB Hasanah BNI Syariah.

Waktu pelaksanaan program dimulai pada bulan Oktober 2015 hingga Januari 2016.

Program dilaksanakan di seluruh outlet BNI Syariah dan empat wilayah BNI yaitu Surabaya, Semarang, Makassar dan Banjarmasin. Harapannya ke depan program ini terus berlanjut ke seluruh wilayah Indonesia.

Penarikan dan pemberian hadiah dilakukan di La Piazza, Gandaria City ketika berlangsung acara Keuangan Syariah Fair (KSF) 2016 yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 40 lembaga keuangan syariah sebagai salah satu bentuk sosialisasi tentang keuangan syariah kepada masyarakat.

BNI Syariah ikut meramaikan sebagai salah satu peserta dalam acara tersebut. Tidak hanya partisipasi booth, BNI Syariah juga mengadakan "Penarikan Pemenang Program Migrasi BNI Haji dan Hijrah Hasanah".

Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah BNI Syariah merupakan salah satu produk unggulan BNI Syariah yaitu tabungan yang diperuntukan bagi nasabah yang ingin merencanakan pemberangkatan haji ataupun umrah.

BNI Baitullah iB Hasanah memiliki keunggulan tersendiri yaitu fasilitas tabungan dengan kartu Haji & Umroh Indonesia yang dapat digunakan sebagai simpanan dan transaksi saat di Tanah Suci.

BNI Syariah saat ini merupakan bank syariah pertama dan satu- satunya yang memiliki Kartu Haji & Umroh Indonesia. Dengan dilengkapi fasilitas jaringan Mastercard, Kartu Haji & Umroh Indonesia dapat digunakan di seluruh mesin ATM dan merchant berlogo Master.

Tak hanya itu, Kartu Haji & Umroh Indonesia juga dilengkapi dengan bahasa melayu saat digunakan pada mesin ATM Bank Al Rajhi di Tanah Suci.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016