Seattle, Amerika Serikat (ANTARA News) - Dokter hewan di Seattle akan menguji penyu yang diselamatkan pada Jumat untuk melihat apakah terapi pengobatan di ruang hiperbarik, yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit dekompresi pada manusia penyelam, telah menyembuhkan gangguan kemampuan mengapung yang mencegah reptil laut itu dilepaskan kembali ke samudra.

Tucker, penyu lekang atau Olive Ridley terancam punah berusia 20 tahun dengan berat 32 kilogram, pada Desember ditemukan bertahan hidup di sepanjang Pantai Oregon, jauh dari habitat air hangat spesiesnya di California Selatan dan Meksiko, menurut para pejabat Seattle Aquarium.

Tucker telah pulih dari pneumonia dan komplikasi lain karena hipotermia tapi kemampuan mengapungnya masih terganggu karena gelembung gas dalam tubuhnya menghambat binatang reptil itu menyelam atau berada di bawah laut.

"Penyu seperti mengenakan pelampung," kata juru bicara Seattle Aquarium Tim Kuniholm, Kamis (31/3).

Dokter hewan di Aquarium membawa Tucker ke Rumah Sakit Virginia Mason pada Senin untuk menjalani terapi di ruang oksigen hiperbarik di sana, membuatnya menjadi pasien pertama yang bukan manusia yang menggunakan fasilitas bertekanan udara itu dan penyu pertama di Amerika Serikat yang menjalani pengobatan tersebut karena masalah kemampuan mengapung.

Tucker akan menjalani pengujian pada Jumat untuk mengetahui apakah pengobatan itu berhasil dan apakah sesi lain di ruangan itu diperlukan, kata Kuniholm.

Kuniholm mengatakan Tucker harus bisa mengatur kemampuan apungnya agar dapat bertahan hidup di alam liar, tempat dia harus menyelam di bawah permukaan untuk mendapatkan makanan dan menghindari predator serta bahaya seperti perahu yang melintas.

"Dia bisa tetap menjalani perawatan manusia, tapi itu bukan tujuan kami," ujarnya.

Terapi pengobatan hiperbarik membuat penyu menghirup 100 persen oksigen murni selama lebih dari dua jam menurut pejabat rumah sakit.

Tucker dibius dan diamati dengan seksama sambil dihubungkan ke alat pemantau jantung dan tabung pernapasan.

"Kami telah memperlakukan banyak penyelam dengan pengobatan ini selama bertahun-tahun karena gangguan gelembung gas yang disebut sakit dekompresi...," kata direktur medis Pusat Pengobatan Hiperbarik James Holm dalam pernyataan tertulis.

"Ini untuk pertama kalinya kami telah diminta membantu perawatan seekor penyu, yang adalah penyelam hebat," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters. (Uu.M052)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016