Dua dari pasangan-pasangan kerajaan terbaik di dunia sedang bertemu, oleh karena itu saya kira ini sangat indah
Thimphu, Bhutan (ANTAR News) - Pasangan Kerajaan Inggris --Duke dan Duchess of Cambridge-- tiba hari ini di Kerajaan Bhutan yang berada di Himalaya, guna bertemu pasangan raja dan ratu muda di negara ini untuk pertama kalinya.

Pangeran William dan istrinya Kate menyentuh bandara internasional satu-satunya di Bhutan yang berada di lembah, untuk disambut keluarga kerajaan Bhutan dan menerima kalungan bunga dari pasangan bocah laki-laki dan perempuan yang mengenakan pakaian tradisional.

Raja kelima Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, dan Ratu Jetsun Pema akan menemui pasangan Kerajaan Inggris itu dalam acara pribadi yang kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan malam, selain akan dijamu dengan atraksi olah raga nasional negara ini, panahan.

Ratu Bhutan yang masih berusia 25 tahun dan dari kalangan biasa seperti Kate, dianggap sebagai ikon gaya hidup di Asia. Ratu Jetsun Pema baru saja melahirkan seorang putra Februari lalu.

"Pangeran dan Putri Inggris belum pernah mengunjungi Bhutan, oleh karena itu saya kira ini adalah momen besar untuk Bhutan," kata Tsering Pem, warga kota Thimphu yang menjadi ibu kota Bhutan.

"Dua dari pasangan-pasangan kerajaan terbaik di dunia sedang bertemu, oleh karena itu saya kira ini sangat indah," sambung dia.

Selama dua hari di Bhutan, pasangan Kerajaan Inggris akan mendaki Tiger's Nest, kuil Budha kuno yang berada 3.000 meter di puncak gunung.

Ayahanda William, Pangeran Charles, pernah gagal mendaki ke Tiger's Nest sewaktu berkunjung ke Bhutan pada 1998.

Tur sepekan mereka akan diakhiri kembali di India Sabtu pekan ini, tepatnya di monumen cinta Taj Mahal, yang pernah dikunjungi mendiang Putri Diana pada 1992, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016