Bogor (ANTARA News) - PT Sun Motor Group selaku rekanan distribusi resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, mulai Minggu akan mengoperasikan diler S3 (sales, spare part, services) khusus kendaraan penumpang Mitsubishi di Bogor.

GM Operasional PT Sun Motor Group Jabodetabek, Rudi Rimawan, menyatakan pihaknya menargetkan aktivitas penjualan berkala dari 50 hingga 100 unit per bulan, yang diyakini bisa dicapai pada setahun pertama operasional.

"Tentunya kami memiliki target yang sangat optimistis, yaitu tahun ini mencapai 100 unit per bulan. Di awal mungkin di level 50 unit per bulan, tetapi saya optimistis tahun ini bisa sampai 100 unit per bulan," kata Rudi dalam sesi tanya jawab disela rangkaian acara peresmian.

Target itu bisa dikategorikan sebagai bidikan ultraoptimistis, mengingat sebagai diler khusus kendaran penumpang maka jaringan penjualan yang berlokasi di Jalan KH Soleh Iskandar No. 35, Kedung Jaya, Tanah Sereal itu hanya akan melayani penjualan untuk lima model produk, yakni SUV tujuh penumpang All New Pajero Sport, SUV lima penumpang Outlander Sport, city car Mirage dan High MPV Delica, serta kendaraan niaga ringan pikap kabin ganda All New Triton.

Sedangkan berdasarkan aktivitas penjualan di ajang Indonesia International Motor Show 2016 hingga hari ke-10, Pajero Sport menjadi tulang punggung utama dengan berkontribusi atas 65 persen total penjualan.

Maka secara praktis, diler tersebut akan mengandalkan penuh Pajero Sport, sementara persaingan dengan kompetitor lain juga tidak bisa diabaikan begitu saja apabila pihak Sun Motor Group serius ingin memenuhi target penjualan tersebut.

Bahkan sebelumnya Operating General Manager Divisi Penjualan dan Pemasaran MMC KTB, Irwan Kuncoro, menyebutkan pihaknya hanya mematok target penjualan 15 unit per bulan di awal aktivitas diler trilayanan tersebut.

"Target penjualan khususnya di Bogor total kendaraan penumpang sekira 15 unit per bulan," kata Irwan sebelum diralat Rudi, dan lantas Irwan mengamini target yang disebutkan Rudi kemudian.

Potensial penyangga Jakarta Target ultraoptimistis yang ditetapkan Sun Motor Group bukan tanpa sebab, setidaknya ada empat hal yang menopang semangat mereka membidik keberhasilan aktivitas penjualan tersebut.

Pertama, dalam kata sambutannya Presiden Komisaris Sun Motor Group Imelda Sundoro mengatakan bahwa Bogor merupakan wilayah yang bertumbuh pesat dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya, yang khususnya di bidang ekonomi bermunculan banyak nilai-nilai bisnis baru yang berdampak positif bagi masyarakat. Potensi tersebut yang katanya akan digali Sun Motor Group lewat diler trilayanan khsusu kendaraan penumpang Mitsubishi.

Kedua, Rudi mengungkapkan bahwa persiapan kehadiran lini produk Small MPV yang tengah disiapkan Mitsubishi untuk diproduksi di pabrik baru mereka di Cikarang, Bekasi yang akan mulai beroperasi Maret 2017 mendatang, menjadi sokongan optimisme berikutnya.

Ketiga, menurut Kepala Departemen Jaringan MMC KTB Amiruddin Bogor merupakan wilayah suburban bagi Jakarta, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi lokasi bermunculannya perumahan baik kelas bawah-menengah maupun menengah-atas, yang secara linier memperlihatkan pertumbuhan daya beli yang menjadi ceruk peluang bagi Mitsubishi untuk membuka diler baru di Kota Hujan.

Keempat, sesuai bocoran terakhir dari pihak KTB baru-baru ini mereka menyebutkan bahwa versi penyegaran Mirage akan segera diperkenalkan jelang pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 yang akan berlangsung 11-21 Agustus 2016 di ICE BSD City Serpong, Tangerang Selatan, dan penyegaran selalu diharapkan bergerak linier dengan peningkatan permintaan untuk lini produk tersebut.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016