London (ANTARA News) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Kerajaan Belgia, Yuri O. Thamrin menyerahkan surat-surat kepercayaan (credentials) kepada Raja Belgia, Philippe di istana Kerajaan Belgia.

Pada acara penyerahan surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi Deputy Chief of Mission, Kordinator Fungsi Protokol, dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Brussel, kata Sekretaris Dua KBRI Brusel, Ade Rina Chaerony-Herdiyanto, kepada Antara London, Minggu.

Rangkaian acara dimulai dengan penjemputan Dubes di Wisma Duta dengan kendaraan dan pengawalan khusus protokol Kerajaan Belgia. Di halaman istana, Dubes Yuri O. Thamrin diterima Kepala Protokol Kerajaan Belgia dan menerima penghormatan dari pasukan berkuda istana.

Duta Besar Yuri O. Thamrin kemudian memasuki ruang upacara (Hall of Ceremonies) dan diterima Raja Belgia, King Philippe untuk melakukan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan.

"Dalam pembicaraan yang dilakukan setelah penyerahan surat-surat kepercayaan, Raja Philippe mengungkapkan kebanggaannya atas meningkatnya hubungan bilateral Belgia-RI yang telah dicapai dalam berbagai bidang. Salam hormat juga disampaikan Raja Philippe kepada Presiden RI dan rakyat Indonesia.

Dalam tanggapannya, Dubes mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan Raja Belgia dan menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Belgia. Dubes juga menyampaikan Indonesia dan Belgia telah telah memilliki jalinan hubungan bilateral yang harmonis dan mengharapkan agar dapat meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.

Usai acara penyerahan Surat Kepercayaan dan ramah tamah, prosesi credentials diakhiri dengan acara pengambilan foto bersama bersama. Sebagai bagian dari rangkaian acara, Dubes Yuri O. Thamrin menuju Hotel Steigenberger Wiltchers yang terletak di Avenue Louise, Bruxelles untuk mengikuti acara vin dhonneur dengan Dubes negara sahabat, kalangan korps diplomatik, pejabat tinggi, kementerian dan institusi Belgia, kalangan pengusaha, akademisi, penggiat seni budaya, dan kalangan media, kata Ade.

Dalam sambutannya, Dubes Yuri menggarisbawahi pentingnya melanjutkan hubungan baik RI-Belgia yang telah dibangun selama ini, terutama dengan terus meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan, investasi, pariwisata dan sosial budaya. Diharapkannya Indonesia juga akan dapat mengembangkan inisiatif kerjasama keamanan regional dan demokrasi.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016