Situbondo (ANTARA News) - Puluhan anggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Situbondo, Jawa Timur, Kamis turun ke jalan dengan pakaian kebaya sambil membagikan bunga dan brosur berkendara tertib lalu lintas kepada pengendara roda dua maupun roda empat dalam rangka menyambut Hari Kartini.

"Selain membagi-bagikan bunga dan brosur tertib lalu lintas, anggota polisi wanita ini juga memanfaatkan momen Hari Kartini dengan mengampanyekan bahaya menggunakan narkoba kepada pengguna jalan," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Situbondo AKP Evon Fitrianto.

Ia mengemukakan Polwan mengenakan pakaian kebaya dan membagikan bunga dan brosur kepada pengendara, dilaksanakan di tengah Kota Situbondo, juga di pasar-pasar tradisional.

Menurut Evon, Polwan memakai kebaya sebagai salah satu cara polisi wanita memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Dan juga sebagai bukti bahwa polisi wanita juga sebagai penegak hukum yang tugasnya sama seperti polisi pria.

"Polisi wanita menggunakan pakaian kebaya ini saat bertugas juga memiliki arti sebagai perempuan juga memiliki tugas sama, ya salah satunya Polwan mengampanyekan waspada narkoba dan membagikan brosur tertib berlalu lintas kepada pengendara," tuturnya.

Sementara salah satu anggota Polwan Polres Situbondo Bripda Nunung Andikawati mengatakan memakai kebaya di Hari Kartini menujukkan identitasnya sebagai seorang perempuan.

"Meskipun kita menjadi seorang polisi wanita yang didoktrin keras dan tangguh sebagai penegak hukum, namun kita juga masih tetap kembali pada kodrat kita sebagai perempuan," ucapnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto/ Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016