Jerusalem (ANTARA News) - Israel berhasil menguji sistem pencegat rudal laut yang mereka namakan Iron Dome of the Sea (Kubah Besi Laut).

Militer Israel pada Rabu (18/05) menjelaskan sistem tersebut bisa mencegat roket jarak pendek yang serupa dengan yang ditembakkan dari Gaza.

Sistem tersebut dalam uji coba berhasil menghancurkan “beberapa” rudal, kata Ariel Shir, kepala sistem operasional di angkatan laut tentara Israel, seperti dikutip AFP.

Dia mengatakan uji coba tersebut, yang berlangsung dua pekan lalu, “membuktikan kemampuan Angkatan Laut Israel untuk melindungi aset stategis Israel di laut dari roket balistik jarak pendek.”

Dalam perang pada 2014 antara Israel dan HAMAS dan beberapa kelompok militan Palestina lainnya di Jalur Gaza, Israel mengerahkan sistem Iron Dome Darat untuk menembak jatuh roket yang ditembakkan dari perbatasan.

Sistem serupa juga sudah dikembangkan selama beberapa tahun dan diungkapkan ke publik pada Rabu.

Video yang dirilis angkatan darat menunjukkan peluncur roket yang dipasang di sebuah kapal menembak target di langit dan kemudian mencegat rudal.

Shir mengatakan mereka sudah menguji sistem tersebut dari sebuah kapal yang bergerak dengan kecepatan tinggi dan berhasil.
  

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016