Pontianak, 26/5 (Antara) - Persatuan Kinologi Indonesia (Perkin) Kalimantan Barat menggelar Musyawarah Konsulat (Muskon) dirangkai dengan seminar pembiakan anjing ras yang bekerja sama dengan Unit K-9 Polda Kalbar dan Dinas Peternakan Kalbar pada 12 Juni mendatang.

"Kegiatan Muskon diadakan karena memang sudah terjadwal dari Perkin Pusat. Jadi selama jangka waktu tiga tahun baru diadakan pergantian ketua. Untuk di Kalbar sendiri ini merupakan Muskon yang pertama kali," ujar Humas Perkin Kalbar, Aryanto di Pontianak, Kamis.

Aryanto menjelaskan, dalam Muskon tersebut nantinya akan dipimpin oleh pimpinan sidang dari Perkin Pusat. Sedangkan untuk pencalonan nantinya anggota Perkin Kalbar yang akan memilih.

"Jadi memang untuk saat ini siapa yang akan mencalonkan kita masih belum tahu, semua bisa berpeluang bahkan Pak Tommy Limpah Ketua Perkin Kalbar yang sekarang bisa menjabat kembali apabila dipercayai kembali," ujarnya.

Aryanto menjelaskan terkait seminar sendiri yang merupakan rangkaian dari Muskon memiliki tujuan memperoleh hasil pembiakan anjing ras yang berkualitas dan memiliki standar trah dari jenis anjing itu sendiri.

"Jadi seminar ini sangat penting agar kita tahu cara menghindari perkawinan sedarah oleh anjing sehingga keturunan anjing semakin lebih baik dan memenuhi standar karena di dalam Perkin sendiri untuk kawin silang memang tidak diperbolehkan," jelas Aryanto.

Sementara itu, Kasubnit Cakal dari Unit K-9 Polda Kalbar Aipda I Gede Widiarsana mendukung penuh digelarnya Muskon dan Seminar.

"Memang kita Unit K-9 sejauh ini sudah menjalin kerja sama dan kita harapkan dengan digelarnya agenda tersebut pengawasan terhadap Anjing di Kalbar lebih ditingkatkan," kata I Gede Widiarsana.

Pewarta: Dedi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016