Kendari (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar pelatihan manajemen organisasi dan peningkatan kapasitas pengelola organisasi olahraga fungsional dan prestasi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Bidang Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora Agus Leksmana di Kendari, Minggu, mengatakan sumber daya manusia pengelola organisasi keolahragaan vital dalam upaya mewujudkan pembinaan atlet menuju prestasi.

"Kemenpora terus mendorong terpenuhinya sumber daya pengelola organisasi di daerah sebagai ujung tombak pembinaan atlet. Pengurus cabang olahraga maupun organisasi olahraga harus ditingkatkan kapasitasnya," kata Agus Leksamana

Pelatihan manajemen organisasi olahraga diikuti 80 peserta utusan dari pengurus cabang olahraga, unsur KONI daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga serta pengurus olahraga fungsional.

Pembicara dalam pelatihan manajemen organisasi olahraga dan peningkatan kapasitas pengurus olahraga menghadirkan praktisi, yakni Ketua Asosiasi Tinju Indonesia Manahan Situmorang, akademisi Asrafi Achmad dari Universitas Halu Oleo Kendari, Ketua Badan Sertifikasi Akreditasi Nasional Kelahragaan DR Anwar dan pengurus KONI Sultra Ashar.

Kepala Bidang Keolahraga Dispora Sultra Arifin L Godo mengatakan sumber daya manusia pengelola organisasi olahraga di daerah perlu didorong untuk memaksimalkan pengelolaan manajemen organisasi.

"Sepintas manajemen atau kepemimpinan dalam organisasi olahraga hal biasa tetapi capaian prestasi atlet terwujud jika dituntang sumber daya manusia yang mumpuni," kata Arifin Godo.

Kepala Badan Sertifikasi dan akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) Dr Anwar mengatakan komponen pengelola organisasi olahraga harus ditata untuk mengoptimalkan pembinaan olahraga.

"Ke depan para wasit sebagai hakim dalam pertandinga, pelatih yang mendampingi atlet dan pengurus organisasi olahraga yang menjalankan organisasi harus memiliki tolok ukur," kata Anwar.

Pewarta: Sarjono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016