Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memperingatkan agar warga di wilayah pesisir pantai utara Jakarta mewaspadai banjir rob akibat laut pasang.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi BPBD DKI, di Jakarta, Minggu, tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan setinggi 230 centimeter atau dalam kondisi siaga II per 23.00 WIB.

Kondisi tinggi muka air tersebut mencapai titik yang hampir sama saat tanggul di Muara Angke jebol yang menyebabkan banjir rob di wilayah sekitarnya. Tinggi muka air saat tanggul jebol mencapai 248 centimeter.

Namun tinggi muka air tersebut sudah menurun sejak dua jam sebelumnya yakni 247 centimeter pada pukul 21.00 WIB dan 244 centimeter pada 22.00 WIB.

Sejumlah wilayah mulai terendam air akibat tinggi muka air yang disebabkan laut pasang tersebut. Wilayah Marunda, Kecamatan Cilincing terjadi banjir rob dengan ketinggian rendaman air 10-15 centimeter. Sementara air laut mulai menembus celah-celah karung pasir yang ditumpuk sebagai tanggul darurat untuk mencegah limpahan air laut di Muara Angke.

Tanggul di Muara Angke sempat jebol pada Sabtu (4/6) malam yang diakibatkan laut pasang dan menggenangi sejumlah pemukiman warga di wilayah tersebut dengan ketinggian hingga 50 centimeter.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh warga melakukan penanggulan kembali dengan menggunakan karung pasir. Tim dari Dinas Tata Air DKI Jakarta juga mengoperaasikan pompa mobile portable untuk menyedot air.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016