Pontianak (ANTARA News) - Setiap tahun di bulan Ramadhan di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, pada malam hari ratusan warga setempat dan pendatang banyak yang menikmati sotong pangkong yang merupakan kuliner khas Ramadhan di kota itu.

Salah seorang pedagang sotong pangkong, Sam (52) di Pontianak, Minggu malam, mengatakan, dirinya berjualan musimam sotong pangkong yang merupakan kuliner khas masyarakat di Jalan Merdeka Pontianak itu, sudah sekitar 12 tahun lama sebagai sumber penghasilan tambahan di bulan Ramadhan.

"Saya dan keluarga setiap tahun selalu berjualan sotong pangkong musiman untuk kuliner khas Melayu Pontianak ini, dalam mencari tambahan penghasilan untuk merayakan Lebaran," ungkap Sam.

Menurut dia, peminat yang datang untuk menikmati kuliner khas Pontianak di lapak miliknya dan pedagang lainnya, semakin tahun kian meningkat, bahkan tidak jarang banyak juga dikunjungi warga luar Kalbar.

"Mulai dari anak kecil, remaja dan orang tua yang datang untuk menikmati sotong pangkong sambil menikmati udara malam hari di Pontianak," ujarnya.

Adapun harga sotong pangkong yang ditawarkan Sam dan pedagang lainnya, cukup bervariatif atau tergantung ukurannya, mulai dari harga belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah per porsinya.

"Omzet penjualan saya dalam satu malam mulai dari ratusan ribu hingga satu jutaan rupiah, atau tergantung ramai tidaknya pengunjung yang datang. Ramai tidaknya pengunjung yang datang juga dipengaruhi oleh cuaca, kalau cuaca bagus tidak hujan, Insa Allah akan ramai," katanya.

Sotong adalah sebutan bahasa Melayu dari cumi-cumi, disebut sotong pangkong, karena cumi-cumi yang sudah dikeringkan itu, setelah dipanggang di atas bara api, kemudian dipukul-pukul (dipangkong-bahasa Melayu) menggunakan palu agar rasanya gurih hingga siap dihidangkan.

Untuk menikmati sotong pangkong rasanya kurang lengkap tanpa sambal, yakni ada sambal cair dan sambal kacang, kata Sam.

Irene (24) salah seorang pengunjung asal Jakarta di kawasan kuliner sotong pangkong Pontianak, mengakui, dirinya cukup penasaran dengan rasa kuliner Sotong Pangkong, saat menyaksikan tayangan di salah satu televisi swasta tentang kuliner sotong pangkong di Pontianak beberapa waktu lalu.

"Sehingga ketika saya berkunjung ke Pontianak, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas sini, salah satunya sotong pangkong. Ternyata benar, rasanya gurih dan sambalnya juga enak," katanya.

Pewarta: Andilala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016