Menu es pisang ijo sangat cocok disantap pada waktu buka puasa karena sangat nikmat."
Biak (ANTARA News) - Es pisang ijo menjadi favorit warga muslim di pasar takjil Jalan Selat Makassar, Kelurahan Fandoi, Distrik Biak Kota, Papua, sebagai kuliner khas berbuka puasa Ramadhan 1437 Hijriyah.

"Menu es pisang ijo menjadi kuliner khusus untuk berbuka puasa. Waktu jualnya sangat terbatas di bulan Ramadhan," ungkap warga setempat, Ismail, Senin.

Makanan khas es pisang ijo itu perpaduan balutan terigu hijau dicampur dengan bubur putih, diberi campuran susu, santan diberi es dan sirup menjadikan menu ini dinilai sangat spesial bagi warga muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Harga es pisang ijo dijual mulai dari Rp12.000 hingga Rp13.000 per porsi. Harga itu sangat terjangkau warga muslim di daerah tersebut.

Ismail mengemukakan, untuk membeli pisang ijo ibarat harus berburu di pasar kaget takjil Ramadhan di Jalan Selat Makassar, karena sangat jarang dijual di tempat lainnya. Bahkan, banyak orang harus memesan secara khusus.

Hal senada dikemukakan Warnoto, yang juga warga Biak, bahwa es pisang ijo menjadi hidangan khas buka puasa Ramadhan yang selalu dicari warga muslim yang berpuasa karena rasanya sangat lezat.

"Menu es pisang ijo sangat cocok disantap pada waktu buka puasa karena sangat nikmat," ungkapnya.

Pasar Ramadhan di sepanjang Jalan Selat Makassar terlihat makin ramai dikunjungi warga untuk membeli berbagai aneka makanan, seperti aneka kue seharga Rp1.500 hingga Rp5.000, sedangkan lauk pauk ayam, ikan dan daging dijual berkisar Rp15.000 hingga Rp30.000 per bungkus, serta sayur-mayur senilai Rp7.000 per kantong plastik.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016