Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan layanan untuk segmen enterprise dan pemerintahan khususnya untuk layanan Smart City Nusantara yang tengah dikembangkan oleh Telkom,"
Jakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Telkom Indonesia Tbk menggandeng PT Huawei Tech Investment (Huawei) untuk mengembangkan platform dan solusi "Smart City Nusantara" di Tanah Air.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan layanan untuk segmen enterprise dan pemerintahan khususnya untuk layanan Smart City Nusantara yang tengah dikembangkan oleh Telkom," kata Direktur Direktur Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu.

Menurut Awaluddin, solusi Telkom untuk smart city dikemas dalam Telkom Smart City Nusantara yang terdiri atas paket-paket layanan dan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah.

"Layanan ini merupakan layanan/solusi smart city yang komprehensif, terstandarisasi, dan saling terintegrasi sehingga secara variatif dan andal mampu men-"deliver" solusi smart city sesuai dengan kebutuhan kota yang berbeda- beda," katanya.

Ia menjelaskan tujuan dari Telkom Smart City Nusantara adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mengimplementasikan konsep Smart City secara baik dan benar.

Meskipun begitu, konsep Smart City tetap tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat.

"Telkom sebagai perusahaan digital terkemuka di Indonesia dan dengan solusi Smart City Nusantara siap mendukung pemerintah daerah di Indonesia mengembangkan smart city," ujarnya.

Sementara itu, Director of Board Huawei Steven Shengkai juga menyatakan bangga dapat bekerja sama dengan Telkom.

Seven berharap Huawei sebagai perusahaan ICT Solution Provider terkemuka dapat berkolaborasi mengembangkan Platform & Solusi untuk Smart City.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016