Pekanbaru (ANTARA News) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau membentuk 68 pos pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik jalur mudik Lebaran 2016 yang menghubungkan wilayah provinsi ini dengan sejumlah provinsi tetangga.

"Seluruh pos yang disiapkan itu terdiri atas 39 pos pengamanan dan 29 pos pelayanan. Dengan adanya pos tersebut pemudik bisa memanfaatkannya untuk istirahat dan memeriksa kendaraan," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan pos yang disediakan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan beragam fasilitas hingga tim medis. Informasi yang dirangkum dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, ke-86 pos tersebut tersebar di 12 kabupaten kota.

Di Bengkalis, terdapat empat pos yang terdiri dari satu pos Pengamanan di Balai Raja dan Jalan Lintas Pekanbaru-Duri Km 118. Selanjutnya Pos Pelayanan di Pokok Jengkol Duri dan Pos Penyeberangan Ferry Roro Air Putih.

Selanjutnya di Dumai, Pos Pengamanan berada di Ramayana Jalan Jenderal Sudirman sementara Pos Pelayanan berada di Terminal Akap Jalan Kelakap Tujuh Dumai, Roro TPI Purnama, Bandara Pinang Kampai dan di Pelindo Jalan Datuk Laksamana.

Sementara di Indragiri Hilir, sejumlah pos yang terdiri dari Pos Pengamanan berada di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Rumbai Kecamatan Kempas dan Pos di Selensen. Untuk Pos Pelayanan berada di Pelindo Jalan Yos Sudarso serta Sei Guntung.

Kemudian Pos Indragiri Hulu tersebar di Pos Pengamanan terdapat di Kecamatan Lirik Jalan Lintas Timur desa Japura Km 180, Kecamatan Siberida Dusun Berapit Km 212 dan satu lagi di Kecamatan Batang Gangsal Simpang Geranit. Untuk Pos Pelayanan di Polsek Rengat Barat Km 194 dan Pos Lantas 90 Jalan Sultan Rengat Pematang Rebah.

Di Kabupaten Rokan Hulu, Pos Pengamanan akan terpantau di Pasar Kabun Km 102-103, Tandun Km 117-118 Masjid Bintang Ubudiyah Tandun, Ujungbatu Km 152 serta di Simpang Kumu Kecamatan Rambah Hilir. Untuk Pos Pelayanan berada di Simpang LKA Km 221 Tambusai, Simpang TB Km 118 Desa Puo Jaya Kecamatan Tandun dan di Pos Terpadu Pujasera Batang Lubuh Km 180 Pasirpengaraian.

Selanjutnya di Kampar, Pos Pengamanan berada di Rimbo Panjang Km 20, di Pasar Danau Bingkuang, Pasar Kampar, Pasar Airtitis, dan Lapangan Merdeka. Lalu untuk Pos Pelayanan berada di Km 109 (RM Kelok Indah Koto Kampar).

Di Kabupaten Kuantan Singingi, Pos Pengamanan berada di Tanjung Pauh Km 90, Cerano Km 160 Kecamatan Kuantan Tengah, Kasang Km 195 dan Pos di Cerenti Km 220.

Sementara itu di Siak, Pos Pengamanan berlokasi di Km 70 Kandis, di Simpang Minas-Perawang Km 29. Sementara untuk Pos Pelayanan berada di Pelabuhan Buton, kawasan Istana Siak dan Pos Pelayanan di Km 11 Perawang. Kepulauan Meranti, Pos Pengamanan dan pelayanan berada di Pelabuhan Tanjung Harapan dan Taman Cikpuan.

Di Kota Pekanbaru, Pos Pengamanan berlokasi di Tenayan Raya Jalan Imam Munandar, Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Garuda Sakti Jalan HR Soebrantas, Sigunggung Jalan Siak II, Muara Fajar Jalan Yos Sudarso dan di Ramayana Jalan Jenderal Sudirman. Untuk Pos Pelayanan berada di Sei Duku, Terminal Akap, dekat Mal SKA, Plaza Citra dan Mal Ciputra.

Di Kabupaten Pelalawan, Pos Pengamanan berada di Beringin Jalintim Km 26, Sorek Km 115 dan Ukui Km 146. Untuk Pos Pelayanan di Km 55 Pangkalan Kerinci serta Pos Pelayanan di Ramayana Km 69.

Terakhir di Kota Dumai, Pos Pengamanan di Bukit Timah Simpang Bukit Timah-Dumai, di Batu Enam Jalan Lintas Bagansiapi-api, Bangko Pusako Balam, Bagan Bakti Km 17 dan Simpang Martabak perbatasan Riau-Sumut. Untuk Pos Pelayanan di Suzuya Jalan Jenderal Sudirman, Kelenteng depan Kelenteng Baa dan Pos Pelayanan di Ujung Tanjung.

Pewarta: Fazar/Anggi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016