Jakarta (ANTARA News) - Pertandingan final Euro 2016 antara Portugal melawan Prancis masih imbang 0-0 di babak pertama dalam laga yang digelar di Stade de France, Paris, pada Minggu waktu setempat (Senin dini hari WIB).

Statistik dari laman UEFA mencatat, Prancis unggul penguasaan bola hingga 55 persen dan melepaskan tiga tendangan tepat sasaran, sementara Portugal belum berkesempatan melakukannya sepanjang babak pertama.

Portugal membuka peluang pada menit ke-5 saat Nani menyambut umpan panjang Cedric Soares. Nani yang tinggal berhadapan dengan kiper melepaskan tembakan setelah mengontrolnya dengan dada, namun bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Griezmann nyaris membobol gawang Portugal pada menit ke-9 lewat tandukan kepalanya dengan memaksimalkan umpan lambung dari dalam kotak penalti, sayangnya bola berhasil ditepis kiper Rui Patricio.

Ronaldo meringis kesakitan akibat dihantam oleh Dimitri Payet pada menit ke-17. Ia pun dibawa ke tepi lapangan untuk mendapatkan perawatan.

Namun setelah kembali bermain, ia tampak kesakitan lagi dan harus ditandu keluar lapangan. Ronaldo digantikan oleh Ricardo Quaresma pada menit ke-25. Pukulan bagi Portugal.

Moussa Sissoko menjajal peruntungannya pada menit ke-22 dengan melesakkan tendangan jarak jauh dari tepi kotak penalti setelah menerobos area pertahanan Portugal dari tengah lapangan, namun bola berhasil ditepis penjaga gawang.

Kiper Portugal melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-34 dengan memblok tendangan melengkung Moussa Sissoko dari dalam kotak penalti.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Skor kacamata tetap bertahan.

Susunan pemain:

Portugal: Rui Patricio, Cedric Soares, Pepe, Jose Fonte, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Renato Sanches, Adrien Silva, Joao Mario, Nani, Cristiano Ronaldo (Ricardo Quaresma 25')

Prancis: Hugo Lloris, Bacary Sagna, Laurent Koscielny, Samuel Umtiti, Patrice Evra, Paul Pogba, Blaise Matuidi, Moussa Sissoko, Antoine Griezmann, Dimitri Payet, Olivier Giroud 

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016