Jakarta (ANTARA News) - Pangsa pasar sistem operasi Android Marshmallow terus berkembang. Pada bulan lalu pangsa pasar Marshmallow melebihi 10 persen untuk pertama kalinya, dan kini naik menjadi 13,3 persen dari seluruh pangsa sistem operasi Android, sebut laporan statistik terbaru Android dari Google.

Dikutip dari GSM Arena, Marshmallow terus tumbuh, saat ini 13,3 persen dari pangsa pasar sistem operasi Android, naik lebih dari 3,2 persen dari bulan lalu.

Sayangnya, angka tersebut masih jauh dari Lollipop atau KitKat. Dua rilis Lollipop (5.0 dan 5.1) masih memiliki pangsa pasar 35,1 persen, sementara pangsa pasar KitKat 30,1 persen. Keduanya sedikit menurun, namun tidak benar-benar membuat perbedaan besar.

Sejumlah perangkat masih menggunakan sistem operasi Android kuno seperti Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, Gingerbread, bahkan Froyo. Untungnya, Froyo hampir punah, namun Gingerbread masih menyumbang 1,9 persen dari pasar Android, sementara Ice Cream Sandwich masih 1,7 persen.

Sedangkan Jelly Bean masih sebesar 17,8 persen, dan tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang dalam waktu dekat, di mana pangsa pasar sistem operasi tersebut lebih besar dari Marshmallow.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016