Jakarta (ANTARA News) - Musisi Nugie berharap ada kebijakan dari pemerintah yang pro terhadap pejalan kaki dan pesepeda untuk menyikapi kemacetan di ibu kota.

“Saya berpikirnya, kenapa belum pernah pro itu, kenapa ke mobil,” kata Nugie, saat ditanya mengenai uji coba plat ganjil-genap di Jakarta, Jumat (29/7) malam.

Nugie, yang sejak beberapa tahun belakangan memilih bepergian dengan sepeda, berpendapat menggunakan mobil atau motor untuk lebih cepat, tidak akan terjadi di Jakarta. “Kamu naik motor, lebih cepat saya naik sepeda padahal jarak yang ditempuh sama,” kata Nugie.

Drummer The Dance Company ini pernah berbincang-bincang dengan teman-temannya yang terlibat dalam lembaga kebijakan transportasi, bahwa mengatasi masalah transportasi sekaligus kebersihan udara adalah dengan membuat program yang mendukung pejalan kaki dan orang yang berkendara sepeda.

“Jadi, ya, menurut saya, coba diubah dulu, jangan lagi pro ke mobilisasi cepat. Kenapa nggak bikin orang bisa jalan kaki dengan enak?”

Ia melihat orang-orang kota sebetulnya mau berjalan kaki dalam jarak dekat, misalnya keluar kantor menuju tempat makan siang, bila Jakarta memiliki trotoar yang nyaman.

Transportasi di ibu kota, menurut dia sudah cukup jumlahnya asalkan armada nyaman dan diatur dengan baik.
“Gue tetap pingin, lo orang Jakarta yang keren-keren ini jalan kaki, naik sepeda dengan enak dan nyaman.”

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016