Boyolali (ANTARA News) - Rombongan calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Surakarta mulai datang memasuki asrama haji Donohudan Ngemplak Boyolali, Senin.

Rombongan calhaj Kloter pertama asal Tegal tersebut dengan menumpang sembilan unit bus tiba di asrama haji Donohudan, pada pukul 17.00 WIB atau mengalami keterlambatan dari jadwal semula pukul 16.00 WIB.

Menurut Fausi staf Bidang Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, calhaj kloter pertama asal Tegal tersebut sebanyak 349 orang dengan menumpang sembilan armada bus menuju asrama Donohudan untuk persiapan pemberangkatan ke Tanah Suci.

"Kami mengalami keterlambatan sekitar satu jam dari waktu yang dijadwalkan karena kondisi jalan saat perjalanan arus lalu lintas ada yang macet," kata Fausi setibanya di asrama haji Donohudan.

Menurut Fausi, jumlah total calhaj asal Tegal tahun ini sebanyak 781 orang yang tergabung dalam kloter pertama sebanyak 349 calhaj, kloter dua 355 calhaj, dan kloter 49 sebanyak 171 calhaj.

Menurut dia, dari total jumlah calhaj asal Tegal tersebut tercatat ada satu peserta batal berangkat karena meninggal dunia di daerah.

Rombongan Calhaj asal Tegal setibanya di asrama haji Donohudan langsung masuk dan diterima di gedung Jedah untuk dilakukan pengarahan serta pengecekan terakhir kesehatan.

Kepala Kasub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Agus Widakdo mengatakan membenarkan rombongan kloter pertama asal Tegal memang terlambat sekitar satu jam dari jadwal, karena mereka terkena kemacetan arus lalu lintas saat perjalanan menuju asrama.

"Namun, rombongan calhaj asal Tegal kloter pertama lancar. Kloter ini, rencana diberangkatkan ke Jedah melalui Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Selasa (9/8) pada pukul 16.40 WIB," katanya.

Menurut dia, pemberangkatan calhaj kloter pertama tersebut rencana diberangkatkan oleh Gunurnur Jateng Ganjar Pranowo. Rombongan calhaj sebelum diberangkatkan akan dilakukan pembekalan terlebih dahulu dari panitia pemberangkatan PPIH.

Sementara rombongan calhaj kloter dua asal Tegal juga telah memasuki asrama haji Donohudan 25 munit kemudian kedatangan kloter pertama. Kloter kedua ini, sebannyak 355 jamaah, dan rencana diberangkatkan ke Tanah Suci, Selasa (9/8) sekitar pukul 18.25 WIB.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016