Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kepala Olimpiade Thomas Bach mengatakan agar organisasinya jangan dibandingkan dengan badan pengatur Paralimpiade, yang mencekal Rusia atas penyingkapan penggunaan doping yang disponsori pemerintah.

Bach mengatakan Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC), yang memutuskan untuk menentang pencekalan Rusia dari Olimpiade Rio, memiliki hubungan yang berbeda dengan anggotanya.

Badan Paralimpiade menimbulkan kehebohan pada Minggu ketika mereka mencekal Rusia dari Olimpiade Rio. Ketuanya Philip Craven mengecam penggunaan doping yang disponsori pemerintah tersebut, yang disingkap oleh Badan Antidoping Dunia (World Anti-Doping Agency/WADA).

"Situasi di IPC (International Paralympics Committee/Komite Paralimpiade Internasional) berbeda dengan di OIC," kata Bach kepada AFP, Senin waktu setempat.

"Anda bisa membandingkan hubungan antara IPC dan Rusia dengan IOC dan angkat besi, misalnya, di mana kami mendukung keputusan untuk mengecualikan seluruh delegasi Rusia dari Oiimpiade."

Pengumuman Paralimpiade disampaikan setelah IOC menolak melarang Rusia mengikuti Olimpiade dan kemudian mengecam WADA atas cara mereka menangani kasus penggunaan doping itu.

Namun, Bach mengatakan IPC berbeda dari IOC karena mereka mengatur cabang olahraga di Paralimpiade, sementara IOC beroperasi secara terpisah di federasi masing-masing cabang olahraga.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016