London (ANTARA News) - Dua polisi dari New York Police Department (NYPD) yang mengawal upacara peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus diluar gedung KJRI New York,Amerika Serikat memuji kelezatan masakan tumpeng Indonesia.

Secara bergantian, kedua polisi mengambil hidangan tumpeng yang disediakan seperti nasi kuning, sambal telor, orek tempe dan perkedel. Namun sebelumnya mereka menyampaikan ucapan selamat atas HUT RI ke-71, katar Acting Konjen RI New York Benny YP Siahaan kepada Antara London, Jumat.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus dipimpin Benny YP Siahaan bertindak sebagai Pembina upacara Detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang bertema "Gerakan Nasional Indonesia Terus Kerja".

Dengan tertib dan khidmat, tidak kurang 200 peserta upacara mengikuti jalannya peringatan detik-detik Proklamasi, di Ruang Pancasila, KJRI New York.

Acara diikuti kehadiran diaspora Indonesia di New York dan sekitarnya seperti New Jersey dan Connecticut sesepuh, akademisi, mahasiswa, pebisnis, profesional, media, maupun wakil organisasi budaya dan keagamaan termasuk Dubes/Watap RI untuk PBB Dian T. Djani serta perwakilan perbankan Indonesia di New York dari Bank Indonesia, BRI dan BNI.

Seusai upacara, dilakukan pemotongan tumpeng kemerdekaan yang diserahkan kepada perwakilan sesepuh masyarakat Indonesia dan mahasiswa. Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah-tamah serta makan siang bersama.

Acara puncak rangkaian hari kemerdekaan RI akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus melalui "Indonesian Street Festival New York "(ISF NY) yang tahun lalu menarik tidak kurang 2000 pengunjung warga lokal dengan menghadirkan berbagai pertunjukan seni, permainan, vendor makanan dan kerajinan tangan khas Indonesia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016