saya merayakan kehangatan Indonesia di sini, luar biasa saya bisa berada di sini, bersama kalian
Hong Kong (ANTARA Newsa) - Putri Indonesia 2016 Kezia Roslin Cikita Warou merasakan kehangatan tanah air saat berada di Hong Kong, terutama berada di tengah-tengah buruh migran Indonesia.

"Apa kabar semuanya, saya merasa seperti tidak berada di Hong Kong, saya seperti berada di Indonesia," katanya, menyapa para buruh migran Indonesia yang memadati lapangan Victoria, Causeway Bay, Hong Kong untuk menyaksikan Panggung Merah Putih merayakan HUT ke-71 Republik Indonesia, Minggu.

Wanita kelahiran Jakarta ini menambahkan, "saya merayakan kehangatan Indonesia di sini, luar biasa saya bisa berada di sini, bersama kalian."

Kezia didaulat menyampaikan hadiah kepada para pemenang lomba kontes kecantikan bagi para buruh migran yang diselenggarakan Mustika Ratu dan Konsulat Jenderal RI di Hong Kong.

Panggung Merah Putih 2016 ini juga dimeriahkan penampilan sejumlah artis ibu kota, seperti pedangdut Inul Daratista, Aris "Idol", Rizki Ridho, dan band Indonesia di Hong Kong "ID Talent band".

Meski hujan mengguyur Hong Kong sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi, namun para buruh migran tetap datang menyaksikan penampilan artis idola mereka.

"Ayo mbak ini hanya hujan, semangat kita, semangat 45!," kata salah satu dari mereka, Rahayu, menyemangati rekannya, yang ragu-ragu menuju lokasi acara karena hujan dan lapangan yang becek serta sedikit berlumpur.

Semarak Panggung Merah Putih diawali dengan penampilan ID Talent Band, disusul Aris "Idol" serta Tari Lenggong Keraton dari Bali. Selain itu ditampilkan pula peragaan busana pengantin tradsional dari sembilan daerah di Indonesia.

Panggung Merah Putih 2016 yang mengusung tema "Mewujudkan BMI Cerdas, Indonesia Bangga" juga diisi dengan sejumlah edukasi atau sosialisasi dari Konsul Imigrasi, Konsul Kejaksaan, dan Konsul Bea Cukai untuk mengingatkan para BMI agar mematuhi segala ketentuan yang berlaku baik aturan yang diterapkan Pemerintah Wilayah Otoritas Hong Kong maupun Indonesia terkait BMI.

Semakin siang, dan ketika hujan telah berhenti jumlah buruh migran yang datang semakin banyak dan Panggung Merah Putih semakin semarak dengan penampilan Inul Daratista yang membawakan empat lagu andalan, termasuk "Buaya Buntung", dan "Masa Lalu".

Hadir dalam acara ini, Konjen RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat, Konjen RI Guangzhou Ratu Silvy Gayatri dan perwakilan seluruh BUMN RI di Hong Kong.

Panggung Merah Putih rutin digelar KJRI Hong Kong bekerja sama dengan komponen instansi RI di Hong Kong untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dan memberikan hiburan kepada para buruh migran Indonesia.


Pewarta: Rini Utami
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016