Paris (ANTARA News) - Juara Olimpiade Rio de Janeiro Ruth Jebet mempertajam rekor dunia lari 3.000 meter halang rintang putri sampai berselisih sekitar enam detik dari rekor dunia sebelumnya di Paris Diamond League, Sabtu waktu setempat.

Pelari berusia 19 tahun yang lahir di Kenya namun membela Bahrain, mencatat waktu delapan menit 52,78 detik atau sembilan detik di depan peraih perak Olimpiade 2016 Hyvin Kiyeng Jepkemoi dari Kenya yang finis pada urutan kedua.

Rekor dunia sebelumnya 8:58,81 diciptakan oleh pelari Rusia Gulnara Galkina pada Olimpiade Beijing delapan tahun silam.

Jebet gagal menciptakan rekor dunia ketika memenangkan medali emas pertama Bahrain pada Olimpiade di Rio de Janeiro dua pekan lalu.

Rekor dunia sudah pasti terpecahkan ketika Jebet menuntaskan satu kilometer pertama lomba dengan 2:56,36.  Lalu mencatat waktu 5:54,16 sampai kilometer kedua, padahal Galkina mencatat waktu 6:01,20 pada kilometer sama di Beijing lalu.

"Saya sudah berulang kali mencoba mematahkan rekor dunia dan hari ini kami memutuskan saling menekan untuk mencatat waktu terbaik. Saya tak mengira terjadi perbedaan sebesar itu dalam rekor dunia. Saya kira saya telah menuntaskan musim saya hari ini," kata Jebet seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016