Jakarta (ANTARA News) - Rektor Universitas Darma Persada Dadang Solihin mengatakan Resimen Mahasiswa atau Menwa merupakan kekuatan sipil yang berasal dari unsur mahasiswa dalam mempertahankan mahasiswa.

"Sebagai mahasiswa, mencapai kesempurnaan dalam ilmu (pendidikan) itu amatlah penting. Akan tetapi, ilmu mereka tersebut perlu dilengkapi dengan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Indonesia agar dapat berguna untuk kemajuan bangsa," kata Dadang di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan usai kerja sama Unsada dengan Swiss German University (SGU) dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang bela negara.

Dadang menjelaskan selain perannya sebagai Menwa untuk membela NKRI tercinta, identitas mahasiswa yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menimba ilmu dan memupuk prestasi akademik perlu untuk selalu dijunjung tinggi.

"Kerja sama ini sangat baik bagi perguruan tinggi untuk memperkuat sinergi dalam meningkatkan kesadaran akan cinta Tanah Air dan wawasan kebangsaan di kalangan mahasiswa."

Ketahanan negara, sambung dia, tidak mungkin hanya dilaksanakan oleh aparatur negara saja, melainkan kesiapan dan kesediaan setiap unsur masyarakat yang bersatu untuk membela negara melalui bidang keahlian masing-masing sangatlah penting.

"Sinergi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia akan menghasilkan energi yang kuat bagi ketahanan Negara Republik Indonesia."

Dadang menyebutkan kekuatan negara terletak pada generasi pemuda-pemudi saat ini.

"Jika mereka tidak dibekali wawasan Bela Negara dan tidak ditumbuhkan rasa cinta kepada kekayaan Indonesia, maka mereka tidak bisa membawa nama Indonesia di tengah kompetisi global. Ancaman untuk melunturkan rasa nasionalisme para pemuda bisa datang dalam wujud apa saja di era modern ini," kata Dadang.

Sementara itu, Rektor SGU Filiana Santoso mengatakan meskipun universitas yang dipimpinnya terkesan "berkiblat" ke Eropa, namun dapat dipastikan jiwa dan semangat nasionalisme para mahasiswa dan jajaran SGU tidak luntur. Semangat itulah yang mendorongnya untuk memberikan perhatian khusus untuk menyuarakan bela negara.

Sinergi sejumlah perguruan tinggi dalam hal Menwa sangat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan bela negara di tingkat perguruan tinggi.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016