London (ANTARA News) - FA memberikan dukungannya terhadap ketua asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) Michael van Praag pada pemilihan presiden UEFA pekan depan, kata wakil ketua David Gill.

Dengan pengunduran diri petinggi sepak bola Spanyol Angel Maria Villar, presiden asosiasi sepak bola Slovenia Aleksandar Ceferin dan Van Praag menjadi dua kandidat tersisa pada pengambilan suara Rabu depan di Athena.

Praag (68) juga merupakan wakil presiden badan sepak bola Eropa dan memimpin KNVB sejak 2008. Ia merupakan ketua Ajax Amsterdam dari 1989 sampai 2003.

"Sebagai presiden UEFA, Tuan Van Praag akan dapat menyediakan kepemimpinan sepak bola Eropa yang kuat dan kredibel yang diperlukan pada momen krusial untuk permainan global," kata Gill kepada situs resmi FA (www.thefa.com) pada Rabu.

"Ia memiliki reputasi teladan, yang dibentuk selama asosiasi panjangnya dengan Ajax dan Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda."

Gill, yang bekerja bersama Van Praag di komite eksekutif UEFA, mengatakan pria Belanda itu memainkan peran penting dalam mempromosikan sepak bola putri dan menentang diskriminasi.

"Ia akan mewakili asosiasi-asosiasi anggota UEFA dengan martabat dan integritas sambil membangun pekerjaan bagus di UEFA yang telah dibentuk pada area-area kunci seperti mempromosikan sepak bola untuk semua, pertumbuhan permainan (sepak bola) putri, dan melawan diskrimasi," tambah Gill.

"Van Praag juga merupakan pilihan tepat untuk membawa semua aspek sepak bola Eropa untuk bersama-sama lebih dekat, khususnya dengan pengetahuannya terhadap klub sepak bola, dan akan mampu mendorong ikatan-ikatan erat dengan konfederasi-konfederasi lain."

Pemilihan UEFA dilakukan untuk mencari pengganti pria Prancis Michel Platini, yang diskors selama empat tahun karena pelanggaran kode etik.

Platini terpilih pada 2015. Mandat presiden yang baru akan berlangsung sampai 2019. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016