Ternate (ANTARA News) - Laga Tim sepak bola Persiter Ternate dan Persikota Tidore Kepulauan akhirnya dihentikan akibat ricuh antarkedua pendukung pada lanjutan Liga Nusantara (LN) wilayah Maluku Utara (Malut) yang berlangsung, Sabtu.

Kericuhan berawal dari keinginan ratusan suporter Persikota Tidore Kepulauan yang ingin menempati tribun bagian timur Gelora Kieraha Ternate, padahal tempat tersebut diberikan untuk penonton umum.

Sedangkan, tribun selatan diberikan bagi pendukung Persikota Tidore Kepulauan dan pendukung Persiter Ternate disediakan di tribun bagian utara.

Pendukung Persiter Ternate yang menerima kesepakatan itu menuruti keputusan panitia, tetapi pendukung Persikota Tidore Kepulauan yang tetap saja menempati tribun bagian timur dipermasalahkan pendukung Persiter, akibatnya ratusan pendukung Persiter Ternate keluar stadion dan melempari pendukung Persikota Tidore Kepulauan dengan batu.

Akibatnya, laga yang sedianya berlangsung pukul 16.00 WIT itu tidak bisa dilanjutkan, karena pendukung kedua tim tersebut membuat kericuhan hingga masuk ke dalam lapangan terjadi tawuran, beruntung ratusan aparat Kepolisian dari Polda Malut dan Polres Ternate berhasil melerai tawuran itu dengan melepaskan gas air mata.

Pengawas Pertandingan, Bahrun ketika dihubungi menyatakan, laga kedua tim ini terpaksa ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan, karena kondisi tidak lagi kondusif bila pertandingan digelar.

Oleh karena itu, dirinya akan menyampaikan insiden yang terjadi tersebut ke PSSI dan menunggu apa keputusan yang diambil PSSI terkait dengan laga menentukan tim yang akan lolos ke babak selanjutnya di Liga Nusantara.

Tim Persiter Ternate sendiri minimal membutuhkan hasil draw untuk menjuarai Liga Nusantara dari dua kali kemenangan dari Persihaltim (3-0) dan Persihalut (5-1).

Sedangkan, Persikota Tikep sekali menang atas Persihalut (1-0) dan imbang saat menghadapi Persihaltim (0-0) menjadi partai hidup-mati, karena wajib memenangkan pertandingan menghadapi Persiter nanti.

Sementara itu, sejumlah penonton menyatakan kekecewaannya atas insiden kedua pendukung tersebut dan mengakibatkan laga penentuan antara Persiter Ternate versus Persikota Tidore Kepulauan dihentikan.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016