London (ANTARA News) - Boneka berkebaya Jawa merupakan salah satu boneka yang dilelang dalam acara malam gala pelelangan yang diadakan Foundacion MGAS membantu pengobatan penderita paralisis cerebral di Hotel Marquis Reforma Mexico City.

Boneka Indonesia yang disumbangkan KBRI Mexico City dan Darma Wanita Persatuan KBRI Mexico City yang mendandani boneka dengan pakaian khas Indonesia untuk kegiatan sosial itu berhasil dilelang dengan 34.000 peso atau setara dengan 1.800 dolar AS pada malam gala pelelangan boneka yang dihadiri sekitar 300 undangan, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Jumat.

Produk boneka American Girl dengan kostum tradisional mancanegara termasuk boneka berkebaya Jawa dilelang bersama dengan 21 boneka lainnya yang mengenakan kostum dari Kuba, Singapura, Rusia, Jepang, Mesir, Libanon, Filipina, Ekuador, Turki, Bolivia, Israel, Kolombia, Afrika Selatan, Uruguay, Brasil, Finlandia, Kanada, Argentina, dan Meksiko.Tiga boneka berkostum Meksiko sumbangan sosialita Meksiko, yaitu Salma Hayek, Silvia Rojo, dan Cristina Pineda.

Partisipasi boneka Indonesia dalam kegiatan kemanusiaan yang digagas Yayasan MGAS ini merupakan salah satu upaya menolong sesama juga untuk memperkenalkan Indonesia di berbagai kesempatan di Meksiko, demikian disampaikan wakil KBRI Mexico City kepada Ketua Yayasan MGAS, Mari Rous Villegas Balmori saat menghadiri malam gala dinner.

Boneka berkostum Frida Kahlo, pelukis ternama Meksiko, disumbang artis Salma Hayek berkontribusi terbesar dengan nilai lelang sebesar 410.000 peso (setara dengan 22.700 USD). Pada malam gala, Yayasan MGAS berhasil mengumpulkan total dana sumbangan sebesar 1.775.000 peso (setara dengan 98.000 USD).

Malam gala pelelangan boneka dibuka Mari Rous Villegas Balmori yang dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi tinggi kepada kedutaan besar dan perwakilan masyarakat internasional atas partisipasi dan dukungan dalam mendandani boneka dengan kostum asal negaranya.

Kegiatan ini disampaikan tidak hanya akan memberikan kesempatan kepada anak-anak penderita paralisis cerebral untuk sembuh, namun juga kesempatan kepada pencinta produk boneka merek "American Girl" untuk mengenal keragaman kostum dan pakaian khas berbagai negara.

Partisipasi KBRI dalam kegiatan kemanusiaan yang digagas Yayasan MGAS ini merupakan upaya dalam memperkenalkan Indonesia secara berkesinambungan di Meksiko.

Sebanyak 50 sukarelawan Yayasan MGAS dari kalangan atas dan sosialita Meksiko merupakan kalangan yang tepat untuk diperkenalkan dengan keindahan obyek wisata Indonesia, mengingat mereka memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan wisata ke Indonesia.

Pada kesempatan malam gala, KBRI Mexico secara informal melakukan promosi wisata kepada anggota Yayasan MGAS yang hadir diharapkan dapat menempatkan Indonesia dalam radar pengetahuan masyarakat elit Meksiko akan pariwisata Indonesia.

Yayasan MGAS adalah yayasan sosial yang didirikan tahun 2012 dan setiap tahun menyelenggarakan kegiatan sosial khusus menggalang dana sosial untuk membiayai pengobatan anak-anak penderita paralisis cerebral di Meksiko.

Bentuk kegiatan sosial tahun ini yaitu kegiatan pelelangan boneka merek "American Girl" yang mengenakan kostum atau busana tradisional mancanegara sebelumnya dipamerkan di pertokoan mewah di Mexico City, yaitu Palacio de Hierro.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016