Jakarta (ANTARA News) - Atlet dari cabang olahraga beach woodball, Ahris Sumariyanto, menyumbang emas ketiga bagi kontingen Indonesia pada Asian Beach Games (ABG) 2016 di Da Nang, Vietnam, Minggu, dan emas tersebut mampu memenuhi target Indonesia di kejuaraan dua tahunan ini.

Berdasarkan data dari tim media ABG Vietnam yang diterima media di Jakarta, bertanding di kawasan So Thuy Beach Da Nang, Ahris Sumariyanto merebut medali emas dari nomor stroke single putra setelah mengumpulkan angka terbaik yaitu 138.

Untuk medali perak direbut oleh atlet asal Thailand, Jetsada Chenkurd dengan nilai 139 dan medali perunggu direbut oleh atlet asal Korea Selatan, Kim Pyo Hwan dengan nilai 150. Indonesia, pada beach woodball juga meraih perunggu dari Ika Yulianingsih dari nomor stroke single putri.

"Kami sangat bangga dan salut dengan pencapaian kontingen Indonesia. Para atlet tetap bermain dengan maksimal meski dalam keterbatasan. Mereka tetap memberikan yang terbaik," kata CdM Indonesia untuk ABG Vietnam, Hellen Sarlita de Lima dalam keterangan tertulisnya.

Sebelum Ahris mempersembahkan emas, dua atlet Indonesia terlebih dahulu merebut prestasi terbaik pada kejuaraan dua tahunan itu yaitu Chelsea Carputy dari beach rowing nomor CW1X dan I Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan dari cabang vovinam.

Apresiasi atas pemenuhi target juga disampaikan Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang. Menurut dia, perjuangan atlet untuk mengibarkan Merah Putih dipentas internasional sangat besar dan dibuktikan dengan mampu memenuhi target.

"Kami dari KOI akan menyambut langsung kedatangan kontingen Indonesia, Senin (3/10) malam," kata mantan Ketua KONI Sumatera Selatan itu.

Sementara itu, Direktur Performa Tinggi 1 Satlak Prima, Hadi Wihardja mengatakan, hasil di ABG 2016 cukup bagus meski ada beberapa cabang olahraga diantaranya voli pantai kemampuannya harus terus ditingkatkan supaya bisa bersaing dengan pemain dari negara lain.

"Jam terbang harus ditingkatkan. Lihat saja Qatar yang menurunkan peman naturalisasi hanya untuk merebut juara ditingkat ABG," tuturnya.

Pada ABG 2016, kontingen Indonesia yang diperkuat 65 atlet ini turun di delapan dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kedelapan cabang itu adalah polo air, voli pantai, basket 3X3, pencak silat, beach sepak takraw, vovinam, woodball dan beach rowing.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016