Kami tunda karena pihak kepolisian belum menerima laporan tersebut."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengklarifikasi terkait Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yang melaporkan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ke Bareskrim Polri pada Kamis (10/11).

"Ternyata laporan mereka belum ada karena banyak syarat-syarat formal yang belum mereka lengkapi. Jadi, itu jelas belum ada laporan mereka tetapi disayangkan sudah gembor di mana-mana berita di media massa," kata Didi di Gedung Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat.

Menurutnya, berdasarkan pernyataan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menyatakan bahwa Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi itu tidak ada.

"Jadi, kesimpulannya organisasi ini hanya mengaku-ngaku. Karena bagaimana pun kalau mengatasnamakan struktur, orang-orang itu ada di dalam struktur. Jadi, orang-orang itu tidak jelas tidak punya kapasitas hak sama sekali untuk melaporkan," tuturnya.

Dia berharap kepolisian melihat fakta-fakta itu karena data mereka juga kurang didukung dengan bukti fakta yang bisa menunjukkan mereka sebagai organisasi struktur HMI.

"Maka, tidak layak laporannya diterima. Dari syarat formil saja sudah bermasalah, mereka tidak punya legal standing," ujarnya.

Ia menambahkan awal kedatangan pihaknya ke Bareskrim Polri adalah untuk melaporkan balik Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi tersebut.

"Kami tunda karena pihak kepolisian belum menerima laporan tersebut," ucap Didi.

Sebelumnya, Forum Silaturahmi Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi dengan Mustaghfirien sebagai Koordinator dan Adhel Setiawan sebagai Sekretaris melaporkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri terkait pidato pada 2 November 2016 yang dianggap telah memprovokasi masyarakat saat aksi unjuk rasa 4 November 2016.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P Tamsir menegaskan pihaknya tidak mengakui keberadaan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yang melaporkan Susilo Bambang Yudhoyono ke Bareskrim Polri pada Kamis (10/11).

"Kalau di alumni HMI itu secara formal cuma Korps Alumni HMI (KAHMI) yang alamatnya di Jalan Turi, Jakarta Selatan dan Koordinatornya Pak Mahfud MD. Jadi, selain itu saya kira mungkin bisa saja orang yang bukan alumni HMI," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.
(T.B020/S027)

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016