Beijing (ANTARA News) - Badan Koordinasi Keamanan Laut RI dan Badan Penjaga Pantai Tiongkok sepakat meningkatkan kerja sama dalam penegakkan hukum di laut.

Kepala Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksmana Madya Ari Soedewo dan Kepala China Coast Guard Meng Hongwei menyepakati kerja sama itu saat melakukan pertemuan di Beijing.

Kepala Fungsi Politik KBRI Beijing Suargana Pringganu kepada Antara, Jumat, menjelaskan kedua pihak menyatakan pentingnya penguatan kerja sama dalam menghadapi permasalahan yang melibatkan kepentingan bersama antara kedua negara di laut.

Kedua pihak juga sepakat memperluas kerja sama dalam hal pelatihan personel, kunjungan kapal dan pengembangan kapasitas.

Mereka juga sepakat meningkatkan rasa saling percaya, keyakinan dan koordinasi sehingga dapat merespons secara tepat dan efektif kejahatan lintas wilayah dan perselisihan di laut guna memelihara keamanan dan kestabilan kawasan.

Bakamla RI dan Coast Guard China juga sepakat menjajaki kerja sama pertukaran informasi dan latihan gabungan.

Pihak Tiongkok berharap dapat meneruskan kerja sama multilateral dengan Indonesia di bawah kerangka Forum Regional ASEAN dan Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM).

Selain mengadakan pertemuan dengan Coast Guard China, Kepala Bakamla Ari Soedewo dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan pejabat Kementerian Pertanian Tiongkok pada Jumat petang.


Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016