Libreville (ANTARA News) - Dua kali menang berturut-turut di Grup D akan membuat Ghana lolos ke fase knockout Piala Afrika saat melawan Mali Sabtu ini.

Ghana yang mengalahkan Uganda 1-0 pada laga pembukanya, selalu masuk semifinal pada lima Piala Afrika terakhir, namun sudah dua kali disisihkan Mali pada 2012 dan setahun lalu. Mali sendiri dua kali menjadi peringkat tiga turnamen ini.

Mali membuka turnamen tahun ini dengan seri tanpa gol melawan Mesir dan kini mengharapkan gelandang AS Monaco Adama Traore bugar melawan Ghana di Port Gentil setelah absen pada pertandingan pembuka.

Traore bisa turut memperkuat barisan depan sekaligus menajamkan barisan depan, kendati Ghana adalah tim yang jauh lebih berpengalaman.

Mesir melawan Uganda pada pertandingan kedua hari ini di Port Gentil dan pertandingan ini bisa juga dianggap sebagai pertandingan pemanasan untuk laga Pra Piala Dunia mereka yang juga berlangsung tahun ini.

Mesir dikritik karena mengadopsi pendekatan yang defensif pada pertandingan pertama mereka, sebaliknya Uganda yang kembali ke kancah Piala Afrika setelah 39 tahun absen, dipuji karena kebugaran dan semangat tempurnya, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017