Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berjanji memperbaiki fasilitas umum bagi para penyandang disabilitas di wilayah Ibu Kota jika memenangi pemilihan kepala daerah.

"Untuk tuna netra, sekarang ini kan perbaikan trotoar terus kami lakukan. Di trotoar, kami perbaiki jalur penuntunnya," kata Basuki di sela kunjungan ke kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin.

Ia mengatakan perbaikan fasilitas umum bagi para penyandang disabilitas juga akan mencakup modifikasi lampu-lampu penyeberangan jalan.

"Lampu-lampu penyeberangan yang ada di Jakarta akan kami modifikasi, suara detiknya akan kami buat lebih keras. Kami mau buat seperti yang ada di Tokyo (Jepang), sehingga tuna netra bisa mendengar dan mengetahui kapan bisa menyeberang jalan," ujar Ahok.

Selain itu dia ingin memodifikasi fasilitas di toilet umum yang ada di ibukota agar bisa digunakan oleh para pengguna kursi roda.

"Rencananya, kami akan buat semua toilet itu ada tempat khusus untuk yang berkursi roda. Jadi, toilet itu ramah untuk penyandang disabilitas, termasuk pengguna kursi roda," katanya.

Ahok mengikuti pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017 dengan Djarot Saiful Hidayat sebagai calon wakil gubernur.

Mereka bersaing dengan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk menarik dukungan warga selama masa kampanye dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 dan berharap bisa menang dalam pemungutan suara yang dijadwalkan berlangsung 15 Februari 2017.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017