Pekanbaru (ANTARA News) - Pejabat Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger memantau langsung pendistribusian logistik untuk 1.796 tempat pemungutan suara (TPS) dari kantor Komisi Pemilihan Umum Pekanbaru di Jalan Arifin Achmad, Senin.

"Dengan mengucap bismillah logistik Pilkada Pekanbaru 2017 saya lepas," kata Pejabat Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger.

Edwar Sanger mengucapkan terima kasih sebelumnya bagi para petugas dan tim yang terlibat dalam proses penyiapan logistik Pilkada Pekanbaru 2017.

"Semoga semua lancar dan logistik bisa tiba dengan selamat tanpa kendala pada TPS masing-masing," ucapnya.

Edwar mengajak semua warga Pekanbaru agar ikut sama-sama mengawasi pendistribusian ini dan tiba dengan selamat begitu juga saat usai pencoblosan untuk kembali ke KPU karena itu yang terpenting.

Selain itu Edwar juga tidak lupa mengajak semua warga Pekanbaru agar menyalurkan suaranya pada 15 Februari 2017.

"Itu libur nasional semua pegawai baik pemerintahan maupun swasta tidak masuk kerja, jadi mari gunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin guna pembangunan mendatang," tegasnya mengajak.

Ditempat yang sama Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya menyatakan pihaknya akan menyelesaikan pendistribusian logistik dalam satu hari ini bagi 12 kecamatan.

"Mungkin besok semua logistik sudah tiba di KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) masing-masing," ucap Amiruddin Sijaya.

Ia juga menjelaskan guna mengantisipasi cuaca mendung dan hujan, proses pengiriman dilakukan dengan menutup truk pakai terpal.

"Saya kira hujan adalah berkah bagi kita semua," ucapnya.

Ia menambahkan logistik Pilkada ini nantinya akan dikawal petugas kepolisian dan panwas selanjutnya dilakukan serahterima kepada KPPS masing-masing.

"Sementara bagi daerah pinggiran, akan ada pendistribusian dengan kendaraan khusus nantinya dari kelurahan dan dikawal polisi serta panwas," katanya menambahkan.

Disisi lain Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto menyatakan pihaknya menyiagakan personil pada pengamanan pergeseran logistik hingga ke PPS.

"Setelah pendistribusian logistik, kami akan amankan letaknya selama 24 jam dengan menempatkan dua personil pada kelurahan," kata Susanto.

Ia berharap Pilkada Pekanbaru Pilkada damai tidak ada permasalahan.

Pantauan antara setelah 12 truk pengangkut logistik selesai dimuat, habis zuhur semua truk secara serentak meluncur ke 12 kecamatan sesuai dengan peruntukan yang sudah disusun dari kantor KPU Pekanbaru.

Pewarta: Fazar Muhardi/Vera Lusiana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017