Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Selatan (Sumsel) Irma Suryani Chaniago mengatakan pelaksanaan Asian Games 2018 akan meningkatkan perekonomian nasional, khususnya perekonomian daerah yang menjadi tuan rumah, yakni DKI Jakarta dan Sumsel.

"Asian Games meningkatkan pembangunan dan pariwisata, karena selama ini Sumsel hanya menjadi tempat tujuan wisata kuliner dalam negeri," kata Irma di Jakarta, Senin.

Ia mengaku senang dengan terpilihnya Sumsel sebagai tuan rumah perhelatan ajang olahraga terbesar se Asia yakni Asian Games 2018 karena dengan terselenggarnya Asian Games di Sumsel, perekonomian daerah serta masyarakat setempat akan sangat jauh meningkat.

Selain itu, diselenggarakannya Asian Games di Sumsel secara tidak langsung juga akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Karena, selain ada pembangunan beberapa proyek yang dapat membuka lapangan pekerjaan, sektor pariwisata pun juga akan membuka lapangan pekerjaan yang sangat besar saat terselenggaranya Asian Games.

"Dengan adanya monorel dan Sumsel sebagai daerah kunjungan wisata (baru) Asia. Tentunya ekonomi akan tumbuh dan lapangan kerja akan bertambah," jelas anggota Komisi IX DPR RI, ini.

Namun demikian, Irma pun kecewa dengan putusan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) yang hanya memberikan Sumsel sebanyak 10 cabang olahraga dari 42 cabang yang dipertandingkan.

Padahal, sudah sangat jelas dengan terselenggarakan banyaknya pertandingan cabang olahraga di Sumsel akan memberikan manfaat ekonomi bagi daerah maupun masyarakat Sumsel.

"Namun, saya yakin pemerintah sudah mempertimbangkan segala sesuatunya terkait pembagian cabor," ujar politikus Partai NasDem tersebut.

(S037/H007)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017