Jakarta (ANTARA News) - Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengajak umat Katolik di Ibukota untuk berperilaku adil sebagai wujud peringatan pekan suci Perayaan Paskah 2017.

"Ajakan perilaku adil sesuai dengan Sila ke-2 Pancasila itu kontekstual dengan keprihatinan yang muncul dalam masyarakat Jakarta berupa kekerasan, ketidakadilan, maupun sikap saling dendam," kata Pastor Rekan Paroki Katedral Jakarta Ch. Kristiono Puspo, SJ di Jakarta, Minggu.

Katedral Jakarta, lanjut Romo Kristiono, mengajak umat Katolik untuk bukan sekedar beragama melainkan menekankan keimanan dalam bentuk perilaku yang lebih memanusiakan sesama.

"Kami juga punya program-program keuskupan yang mengajak umat untuk kembali merefleksikan diri sesuai dengan amalan Pancasila dan memberikan kasih kepada keluarga maupun orang lain dalam masyarakat.," kata Romo Kristiono.

Katedral Jakarta menjunjung tema "Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab" dalam Perayaan Paskah 2017.

"Tema berperilaku semakin adil dan beradab itu menuntut umat untuk bertindak dengan cara baru dan tidak mementingkan diri sendiri atau kelompok serta terbuka terhadap orang lain

Perayaan Paksah 2017 Katedral Jakarta pada Minggu terbagi dalam lima misa Paskah dengan Misa Pontifikal pada pukul 09.00 WIB. Lebih dari lima ribu orang menghadiri Misa Pontifikal yang dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr. Dr. Ignatius Suharyo itu.

Sementara, sekitar lima ribu orang menghadiri Misa Keluarga yang berlangsung pada pukul 11.00 WIB dan sekitar dua ribu orang menghadiri Misa Paskah yang berlangsung pada pukul 07.30 WIB.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017