Yogyakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan dengan membuka fasilitas Anggrek Executive Lounge di Statiun Tugu Yogyakarta.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pelayanan terbaik karena pelayanan itu tidak ada batasnya. Salah satunya dengan membuka fasilitas ruang tunggu ini," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat meresmikan Anggrek Executive Lounge di Yogyakarta, Sabtu.

Anggrek Executive Lounge merupakan ruang tunggu yang didesain secara eksklusif untuk memberikan kenyamanan lebih baik kepada penumpang kereta api, baik yang sedang menunggu keberangkatan kereta atau setelah turun dari kereta.

Penumpang dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan di ruang tunggu tersebut di antaranya, makanan prasmanan, kudapan, minuman, akses wifi gratis, tempat ibadah, dan ruang merokok.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas tersebut, penumpang harus mengeluarkan dana Rp65.000. Namun, untuk saat ini masih diberlakukan tarif promo yaitu Rp50.000.

"Kami ingin memanjakan pelanggan kereta api agar mereka merasa lebih nyaman saat berada di stasiun," kata Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono. PT KA Pariwisata adalah penggagas pembangunan ruang tunggu eksklusif tersebut.

Stasiun Tugu dipilih karena Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Stasiun tugu adalah ikon dari Kota Yogyakarta dan lokasinya pun sangat strategis sehingga tepat jika stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu eksklusif," katanya.

Ia berharap, keberadaan Anggrek Executive Lounge itu akan memoles wajah stasiun menjadi lebih modern namun tetap mempertahankan nuansa tradisional sesuai karakter Stasiun Tugu sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Yogyakarta.

Selain di Stasiun Tugu, keberadaan ruang tunggu eksklusif juga akan dibangun di stasiun-stasiun besar lainnya.

(U.E013/B015)

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017