Padang (ANTARA News) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengevakuasi seekor macan dahan (neofelis diardi) di Nagari Serukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Rabu malam (3/5).

Kepala Satuan Polisi Hutan BKSDA Sumbar, Zulmi mengatakan petugas menerima laporan dari warga pada Selasa pagi (2/5) terkait adanya harimau yang terjepit pada sebuah batu di daerah tersebut, yang kemudian langsung dibawa oleh warga ke Polsek setempat untuk diamankan.

"Kemudian pihak Polsek menghubungi BKSDA agar dapat dievakuasi ke Padang untuk diberikan pertolongan," katanya.

Macan dahan dengan panjang lebih kurang satu meter dan berjenis kelamin jantan tersebut, katanya dibawa dari Polsek Payung Sekaki pada pukul 00.15 WIB menuju Padang dalam kondisi yang memprihatinkan.

"Meskipun tidak terlihat adanya luka di tubuhnya, tetapi kondisinya dalam keadaan dehidrasi, sehingga secepatnya harus diberikan pertolongan, " katanya.

Jika pertolongan cepat diberikan, ujarnya, maka akan dapat diketahui kondisi sebenarnya dari hewan langka tersebut, dan dapat diambil langkah-langkah dalam memberikan perawatan terhadap macan dahan itu.

Ia akan membawa satwa langka tersebut ke Klinik Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Sumbar untuk diberikan pertolongan.

Ia berharap kondisi hewan tersebut dapat membaik ketika diberikan pertolongan.

(Baca juga: Macan Tutul kembali terlihat di Suaka Margasatawa Cikepuh)

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017