Jakarta (ANTARA News) - Pihak Polda Metro Jaya akan memantau potensi penimbunan sembilan bahan pokok (Sembako) jelang bulan Ramadhan guna menstabilkan harga.

"Jadi kita koordinasi dengan pemerintah daerah setempat terutama berkaitan kegiatan perdagangan dan Bulog," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Kamis.

Argo menegaskan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian telah menggelar video konferensi dengan seluruh kepala polda (Kapolda) yang memerintahkan menjaga harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan.

Argo mengungkapkan Polda Metro Jaya telah membentuk tim pemantau bahan pokok yang dipimpin Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Polisi Wahyu Hadiningrat.

Argo menyatakan tim khusus itu bertugas mengawasi penumpukan peredaran bahan pokok yang berpotensi meningkatkan harga.

"Nanti kita akan melihat apakah ada penumpukan bahan pokok dengan sengaja atau tidak seperti kartel sehingga membuat harga akan naik menjelang Ramadhan dan Lebaran," ujar Argo.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu menambahkan Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI dan lembaga terkait lainnya akan mengetahui jalur peredaran bahan pokok.

Polda Metro Jaya akan mengedepankan tindakan antisipasi untuk potensi kenaikan harga bahan pokok yang diakibatkan aksi penimbunan.

Pengawasan terhadap bahan makanan yang telah melewati batas waktu konsumsi akan dilakukan petugas gabungan.


Baca juga: (Ramadhan segera tiba, lakukan 9 persiapan ini)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017