Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyatakan siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dirangkaikan dengan Kongres III Koperasi pada 12-15 Juli 2017.

"Kita sudah terbiasa menggelar kegiatan bertaraf nasional dan internasional, dan dipercayanya Makassar sebagai tuan rumah peringatan Harkopnas pastinya karena track record-nya," ujar Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Danny -- sapaan Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan ribuan pengurus koperasi dari seluruh Indonesia yang akan datang ke Makassar juga berdampak positif pada ekonomi suatu daerah karena perputaran uang akan sangat tinggi.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat khususnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk memutar uang para pengurus koperasi di Makassar.

"Memang acaranya hanya tiga hari di Makassar, tapi coba dikalikan saja berapa uang yang beredar seandainya satu orang pengurus koperasi menghabiskan uang minimal tiga ratus ribu rupiah, jumlahnya pasti sangat banyak," katanya.

Danny menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan membuka peringatan Harkopnas ke-70 di Makassar yang akan digelar pada 12-15 Juli 2017.

"Pak Nurdin Halid selaku Ketua Dewan Koperasi Indonesia sudah menghadap langsung ke bapak presiden dan beliau menyatakan kesiapannya membuka acara. Makanya, kita melakukan rapat pertemuan untuk memantapkan persiapan itu," ujarnya.

Wali kota mengatakan dirinya sudah memberikan beberapa arahan untuk kelancaran acara tersebut pada rapat pertemuan dengan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan pengurus Dekopinda Sulawesi Selatan dan Makassar.

Menurut Danny, pada acara pembukaan peringatan Harkopnas nanti, selain kongres koperasi, juga akan diramaikan beberapa kegiatan seperti expo koperasi nasional dan internasional, kegiatan jalan sehat dari Pantai Losari menuju Lapangan Karebosi.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017