Madrid, Spanyol, (ANTARA News) - Temperatur air laut di seluruh Spanyol telah mencapai tingkat tertinggi pada Juni, demikian artikel yang diterbitkan di harian El Pais edisi Bahasa Inggris pada Kamis (29/6).

Laporan tersebut mengatakan bahwa pengukuran untuk tiga minggu pertama bulan Juni yang diambil oleh jaringan pelampung laut dalam di sekitar pantai Spanyol menunjukkan peningkatan suhu air antara 0,5 dan 2,5 derajat celcius untuk periode antara 2007 dan 2017.

Peningkatan terbesar pada temperatur air terjadi di Laut Tengah, tempat pelampung pencatat suhu di lepas Pantai Tarragona mencatat kenaikan 2,5 Celsius selama 10 tahun belakangan, dan mencapai angka 27 derajat pada 2016.

Satu pelampung lain di lepas Pantai Cabo de Gata di Spanyol Tenggara mencatat temperatur 24,3 derajat Celsius, 2,4 derajat Celsius lebih tinggi dibandingkan dengan pada 10 tahun lalu.

Namun, bukan hanya di Laut Tengah temperatur air laur naik, kata Xinhua. Satu pelampung di dekat Kota Bilbao di Pantai Spanyol Utara telah mencatat temperatur air 23,5 derajat Celsius, sementara air 1,25 persen lebih hangat di lepas Pantai Cape Silleiro di wilayah Galicia di bagian barat-laut negeri itu.

Ana Casal, petugas klimatologi di Badan Meteorologi Negara Spanyol, AFMET, menjelaskan temperatur laut tampaknya akan naik lagi selama musim panas.

Jose Luis Avuna, ahli lingkungan hidup kelautan di University of Oviedo, mengatakan temperatur air laut yang bertambah hangat di lepas pantai utara berarti "hutan tanaman laut benar-benar telah musnah dalam 10 tahun belakangan". Sementara itu, juga ada resiko peningkatan kedatangan spesies penyerbu yang tertarik oleh air yang lebih hangat.

"Di Cantabrian, kami mulai melihat ikan yang biasanya terlihat di bagian selatan Spanyol," katanya.

(Uu.C003)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017