Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA atau biro perjalanan dalam jaringan diminta untuk mulai merancang paket wisata napak tilas Obama.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam keterangan tertulis dia, di Jakarta, Sabtu, yang berharap kepada ASITA untuk menjual paket "Napak Tilas Obama".

Dia mengatakan paket wisata tersebut bisa berisi perjalanan mengunjungi tempat-tempat istimewa yang pernah didatangi Barack Obama selama berlibur di Indonesia.

"Mirip dengan Raja Salman Arab Saudi yang lokasi liburannya di Bali dipromosikan kami ke Timur Tengah. Raja Salman sukses bagi wisman dari Timur Tengah ke Bali dan Bogor," kata Yahya.

Menurut dia, tujuan wisata Bali dan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) pun juga diharapkan sama yakni ketika Obama bisa menggerakkan wisatawan asal negara Paman Sam dan Eropa untuk berkunjung ke Indonesia.

"Promosikan terus Napak Tilas Obama, agar semakin mendunia, dan punya news value yang berdampak signifikan di pariwisata," tutur Yahya.

Kedatangan presiden Ke-44 Amerika Serikat itu memang dianggap memiliki arti yang strategis bagi pariwisata Indonesia.

Dia berharap kedatangan Obama ke Indonesia bisa mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat dunia secara lebih luas.

Pewarta: Hanni Soepardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017