Temanggung (ANTARA News) - Serpihan bangkai helikopter Basarnas Jawa Tengah yang berhasil dikumpulkan tim gabungan di posko Desa Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung, untuk sementara dievakuasi ke Kantor SAR Semarang.

Berdasarkan pantauan di Temanggung, Selasa, sejumlah benda atau serpihan tersebut, antara lain aki cadangan, pintu heli, serpihan badan heli, kabel, hingga peralatan dan perlengkapan search and rescue yang terdapat dalam heli.

Serpihan bangkai heli SAR AS-365 N3+ Dauphin HR-3602 tersebut diangkut menggunakan mobil bak terbuka milik Basarnas.

Kasi Operasi Peralatan dan Komunikasi Basarnas Agus Tamim mengatakan serpihan bangkai heli sementara diangkut ke Semarang, yang nantinya dibawa ke Jakarta untuk diteliti lebih lanjut.

Menurut dia tim investigasi hari ini telah selesai melaksanakan tugas di lokasi jatuhnya helikopter. Selesainya tugas itu lebih cepat dari yang diperkirakan mengingat cuaca yang sering berubah.

Ia mengatakan untuk bisa mengevakuasi bangkai pesawat harus dipotong menjadi bagian-bagian kecil agar mudah dibawa turun, dua mesin helikopter yang masing-masing beratnya sekitar 200 kilogram terpaksa dibongkar dan nantinya bisa dirangkai kembali.

"Pemotongan ini membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga hari, proses evakuasi ke bawah juga butuh pemikiran dan tenaga ekstra," katanya.

Ia menuturkan sejumlah personel ditempatkan di sekitar lokasi untuk berjaga dan membuat jalan untuk proses evakuasi. Sebagian menginap di lereng gunung, tidur di gubuk petani dan tenda.

Pada hari ketiga jatuhnya helikopter Basarnas tersebut Polres Temanggung melalui Wakapolres Dex Emmanuelle menyerahkan dokumen dan benda-benda milik pribadi korban helikopter pada Basarnas.

Barang berupa antara lain dompet, topi, buku catatan, dokumen penerbangan dan uang tersebut diterima Direktur Operasi dan Latihan Basarnas, Brigjend TNI (Mar) Ivan Ahmad Riski Titus.

Dex Emmanuelle mengatakan benda-benda itu ditemukan saat Polri dan TNI melakukan evakuasi korban. Pengamanan diperlukan karena sangat berharga untuk proses investigasi yang dilakukan Basarnas.

"Benda-benda pribadi merupakan milik ahli waris," katanya.

Ivan menyampaikan sangat berterima kasih dengan temuan tersebut yang kemudian diserahkan pada Basarnas. Benda-benda itu akan dipilah mana yang merupakan harta milik pribadi dan yang merupakan milik Basarnas.

"Benda milik pribadi tentu akan dikembalikan pada ahli waris dan dokumen-dokumen yang terkait dengan penerbangan langsung diteliti oleh tim. Dokumen itu sangat dibutuhkan untuk mengetahui penyebab dan faktor-faktor jatuhnya helikopter," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017